IBL

Setelah membawa San Miguel Alab Pilipinas menjadi juara ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, Renaldo Balkman kembali tampil di PBA (Asosiasi Bola Basket Filipina). Balkman akan menggantikan Troy Gillenwater di San Miguel Beermen.

Seperti dilansir abs-cbn.com, Kepala Pelatih Beermen, Leo Austra, membenarkan bahwa Balkman sudah menjadi bagian dari timnya. Balkman sudah mulai berlatih hari ini, Selasa, 15 Mei. Ia akan tampil bersama Beermen dalam lanjutan PBA Commissioner's Cup 2018, melawan Alaska Aces, Sabtu, 19 Mei mendatang.

"Dia akan menjadi pemain impor kami berikutnya, menggantikan Troy," kata Austria.

Balkman pernah menjadi pemain yang mendominasi PBA Commissioner's Cup musim 2013 bersama Petron Blaze. Sampai saat pertandingan melawan Alaska Aces, ia mencekik leher rekannya Arwind Santos. Peristiwa kontreversial tersebut membuatnya dihukum oleh PBA.

Balkman menerima hukuman larangan bermain seumur hidup dan denda 250 ribu peso. Pada bulan Maret 2018 lalu, Komisaris PBA Willie Marcial mencabut hukuman larangan bermain itu, atas rekomendasi mantan Komisaris PBA, Chito Narvasa.

"SMB telah memutuskan untuk mengubah daftar pemain dengan memasukkan Balkman menggantikan Gillenwater. Kami sedang mengerjakan dokumennya agar tepat waktu dan bisa bermain di laga berikutnya," kata Manajer Beermen, Gee Abanilla, dikutip dari inqurer.net.

Balkman tampil luar biasa saat membantu Alab menjuarai ABL. Rata-rata ia mencetak 24,9 poin, 11,8 rebound 3,9 asis, 2,3 steal dan 1,7 blok per pertandingan. Ia juga menjadi Defensive Player of The Year ABL 2017-2018. Tenaga Balkman sangat dibutuhkan San Miguel Beermen. Sebab Troy Gillenwater tak bisa membantu tim dengan maksimal. Beermen kalah dua laga beruntun di awal musim.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar