IBL

Rabu, 8 Agustus 2018, menjadi malam yang bersejarah bagi tim Barangay Ginebra San Miguel. Sebab sudah 20 tahun tim ini tidak menjuarai Philippine Basketball Association (PBA) Commissioner's Cup. Terakhir, Ginebra memboyong piala Commissioner's Cup tahun 1997. Ginebra menjadi juara setelah unggul 4-2 di babak final yang menggunakan sistem best-of-seven tersebut.

Awalnya perjalanan Barangay Ginebra di Commissioner's Cup tahun ini kurang lancar. Pemain asing Charles Garcia tidak memberikan kontribusi positif di tim asuhan Kepala Pelatih Tim Cone dari Amerika Serikat tersebut. Ginebra hanya mendapatkan satu kemenangan dari empat laga di awal kompetisi. Akhirnya pada 1 Juni 2018 lalu, Justin Browlee dipanggil untuk menggantikan Garcia. Brownlee sendiri saat itu baru saja membawa San Miguel Alab Pilipinas juara ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018.

Kedatangan Brownlee membawa dampak yang luar biasa. Mereka pun mampu melaju ke babak playoff. Di babak semifinal, Ginebra sukses menundukkan Meralco Bolts dengan keunggulan 2-0. Hasil positif kembali didapatkan oleh Ginebra. Di semifinal, mereka menang 3-1 atas Rain or Shine Elasto Painters. Belakangan diketahui bahwa pemain inti tim ROS akan mewakili Filipina di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Di babak final, Ginebra berhadapan dengan San Miguel Beermen. Tim ini berhasil melaju ke final dengan bantuan pemain asing, Renaldo Balkman dan pemain naturalisasi Filipina, Christian Stanhardinger. Beermen di semifinal menundukkan Alaska Aces dengan keunggulan 3-1.

Pertarungan di babak final semakin seru ketika pemain asing kedua tim bertemu. Balkman dan Brownlee sempat menjadi rekan satu tim di Alab Pilipinas. Ternyata Balkman yang menyandang gelar Defensive Player of the Year ABL 2017-2018 tidak mampu mempersembahkan gelar juara. Justru Justin Brownlee yang membuat Ginebra semakin perkasa.

Ginebra unggul 1-0 di laga pertama best-of-five lewat kemenangan 127-99. Namun, Beermen berbalik unggul 2-1 di laga ketiga dengan menundukkan Ginebra, 132-94. Pertandingan semakin menarik ketika Ginebra bisa memenangkan laga keempat dengan skor 130-100. Ginebra mendekat ke tangga juara setelah menang 87-83 di laga keempat. Akhirnya, mereka bisa memastikan gelar juara setelah mencetak kemenangan keempat dengan skor 93-77.

Justin Brownlee dinobatkan sebagai PBA Best Import of the Conference 2018 Commissioner's. Sementara itu, gelar Best Player of the Conference diraih oleh June Mar Fajardo dari San Miguel Beermen. Lalu Scottie Thompson mendapatkan penghargaan sebagai Finals MVP karena penampilannya yang menawan di babak final.

Barangay Ginebra San Miguel tentu sangat gembira dengan hasil yang mereka dapatkan musim ini. Mereka menjadi juara di PBA Governor's Cup 2017. Kemudian menunjukkan dominasi di PBA Commissioner's Cup 2018. Ginebra tercatat sudah 26 kali masuk final. Dari jumlah tersebut, Ginebra membawa pulang 11 gelar juara.(*)

Foto: www.pba.ph

Komentar