IBL

Nama David Fizdale menjadi salah satu “komoditas” terlaris di bursa calon pelatih beberapa tim NBA untuk musim depan. Namanya selalu dikaitkan dengan deretan tim-tim yang belum memiliki nakhoda baru. Namun, tim-tim seperti Milwaukee Bucks, Atlanta Hawks, Orlando Magic, dan Charlotte Hornets harus gigit jari setelah pria 43 tahun dipastikan merapat ke New York Knicks.

Dilansir ESPN, Fizdale telah sepakat dengan Knicks yang memberinya kontrak untuk empat musim ke depan. Hal tersebut membuat Knicks menjadi tim NBA kedua yang dikepalai Fizdale. Pria asli Los Angeles tersebut sebelumnya pernah melatih Memphis Grizzlies dan akhirnya dipecat di awal musim ini akibat laju yang kurang positif. Total selama melatih Grizzlies, rekor menang kalah Fizdale adalah 50-51.

Sebelum menjadi kepala pelatih Grizzllies, nama Fizdale sudah cukup malang melintang di NBA. Ia pernah menjabat sebagai asisten pelatih di tiga tim, Golden State Warriors, Atlanta Hawks, dan Miami Heat. Pengalamannya bersama Heat bisa dibilang menjadi yang terbaik karena ia berhasil membantu tim meraih dua gelar juara beruntun pada 2012 dan 2013.

Tugas berat sudah menanti Fizdale di Knicks mengingat prestasi tim yang tak kunjung membaik di lima musim terakhir. Musim ini, tim yang identik dengan warna biru dan orange ini hanya mampu meraih 29 kemenangan di bawah asuhan Jeff Hornacek. Total, Hornacek melatih Knicks dalam 164 laga dan hanya mampu memenangi 60 di antaranya. Tim ini terakhir kali melaju ke playoff pada musim 2012-2013 dan harus tersingkir setelah kalah dari Indiana Pacers di semifinal Wilayah Timur dengan skor 4-2.

Fizdale akan menjadi pelatih ke-29 dalam sejarah Knicks. Sebelum Fizdale, sederet nama besar pelatih NBA seperti Pat Riley, Don Nelson, Jeff Van Gundy, Lenny Wilkens, dan Mike D’Antoni pernah menangani mereka dan tidak ada yang mampu membawa Knicks meraih gelar juara. Pelatih terakhir yang mampu membawa Knicks meraih gelar juara adalah Red Holzman pada 1970 dan 1973.

Tugas pertama Fizdale adalah mencari pemain terbaik yang ada di daftar draft ataupun melakukan pertukaran pemain yang mampu mendukung Kristaps Porzingis yang telah didapuk sebagai motor utama Knicks untuk masa depan.

Selamat bertugas Fizdale!

Foto: NBA

Komentar