IBL

Minnesota Timberwolves mengawali kampanye musim 2017-2018 lalu dengan langkah-langkah yang cukup ambisius. Tim yang dilatih oleh Tom Thibodeau itu mendatangkan pemain-pemain yang sudah punya nama besar di NBA seperti Jeff Teague, Taj Gibson, Aaron Brooks, Jimmy Butler, dan Jamal Crawford. Sayangnya, tim yang diharapkan mampu menjadi kuda hitam di persaingan Wilayah Barat tersebut hanya mampu mengakhiri musim reguler sebagai peringkat delapan dan tersingkir di putaran pertama playoff setelah takluk atas Houston Rockets dengn skor 4-1.

Baca juga: Paul George Dikabarkan Tak Akan Kembali ke Thunder

Kegagalan Timberwolves memenuhi ekspetasi khalayak tersebut juga berimbas pada komposisi pemain mereka. Dilansir ESPN, salah satu pemain veteran yang baru bergabung musim ini, Jamal Crawford, memutuskan untuk tidak akan kembali bersama tim musim depan dan akan menjadi pemain bebas (free agent).

Sebenarnya, awal musim lalu Crawford diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun dengan nilai AS$9 juta. Akan tetapi, kontrak tersebut juga menyertakan istilah “player option”, yang berarti sang pemain bebas menentukan akan kembali dengan tim di tahun keduanya atau menjadi pemain bebas. Dan pemain berusia 38 tahun telah membulatkan tekadnya untuk menjadi pemain bebas.

Keputusan ini dirasa tidak cukup mengejutkan bagi beberapa pengamat NBA. Sepanjang musim, banyak isu yang menyebutkan Crawford tidak merasa nyaman di bawah asuhan Thibodeau. Bukan tanpa alasan isu tersebut menyeruak, karena menit bermain yang sangat terbatas membuatnya merasa tidak diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya.

Musim ini, Crawford menorehkan rataan 10,3 poin, 1,2 rebound, dan 2,3 asis dengan akurasi tembakan keseluruhan mencapai 41 persen. Rata-rata, pemain kelahiran Seattle, Washington ini bermain selama 20,9 menit per laga. Menit bermain tersebut merupakan menit bermain terkecil Crawford sejak musim pertamanya sebagai pemain NBA. Meski nyaris selalu berperan sebagai pemain cadangan, sepanjang 17 musim karirnya di NBA ia menorehkan rataan 29,9 menit per laga.

Masuknya nama Crawford dalam pasar pemain bebas diprediksi akan menimbulkan persaingan bagi beberapa tim. Meski sudah tidak muda, tambahan Crawford pada tim terentu memberikan jaminan poin dari cadangan yang cukup tinggi. Sepanjang karirnya, rata-rata ia menorehkan 15 poin per laga.

Foto: Startribune.com

Komentar