IBL

Bagi sebagian orang di NBA, menutup musim lebih cepat berarti berlibur lebih cepat. Namun, itu tidak berlaku bagi seorang Victor Oladipo. Garda Indiana Pacers ini ingin segera berlatih lebih giat lagi setelah timnya kalah 3-4 di putaran pertama playoff 2018 dari Cleveland Cavaliers.

Sesaat setelah kalah 101-105 dari Cavaliers di pertandingan ketujuh, Oladipo mengirim pesan singkat kepada David Alexander, pendiri dan direktur DBC Fitness sekaligus spesialis pengembangan atlet yang berbasis di Miami, Florida, Amerika Serikat. Kepada sang pelatih, ia bertanya kapan bisa memulai latihan sekaligus menyatakan kesiapannya untuk melaju ke tahap selanjutnya. Alexander pun sontak mengunggah isi pesan itu ke Instagram dengan keterangan:

“Anak ini mungkin belum sempat mandi setelah bermain di pertandingan besar dalam karirnya yang masih muda dan dia siap mencoba kembali berlatih! Kalian, para atlet muda di luar sana, perhatikan ini...”

Pada ungguhan tersebut, Alexander juga menulis kiasan akan mengirimkan jet supaya Oladipo bisa memulai latihannya malam ini juga. Dengan kiasan itu, ia tampak siap mengakomodasi motivasi sang pemain yang baru saja mengakhiri musimnya. Karena bagaimanapun, musim ini tidak bisa dibilang buruk bagi pemain berusia 25 tahun itu.

Oladipo membukukan rata-rata 23,1 poin, 5,2 rebound, 4,3 asis, dan 2,4 steal per pertandingan di musim reguler 2017-2018. Dari catatan itu saja, statistiknya menunjukkan performa Oladipo meningkat dari musim-musim sebelumnya. Rata-ratanya di empat kategori itu sekaligus menjadi yang terbaik sepanjang karirnya hingga dewasa ini. Sementara itu, di playoff, ia membukukan 21,5 poin, 7,7 rebound, 6 asis, dan 2,3 steal per pertandingan.

Performa Oladipo musim ini tidak lepas dari upayanya meningkatkan diri di jeda antarmusim. Pada Desember 2017 lalu, misalnya, Kevin O’Connor dari The Ringer membeberkan upaya Oladipo di jeda antarmusim. Ia menulis, garda andalan Pacers itu berlatih serius dengan diet ketat di bawah asuhan Dwyane Wade, garda senior Miami Heat, tanpa mengendurkan motivasinya untuk lebih baik. Oladipo melakukan segalanya untuk bisa berkembang musim ini, dan hal itu terbukti lewat pencapaiannya. Para pengamat bahkan menilai ia layak menerima penghargaan Most Improved Player of the Year.

Kini, setelah tersingkir dari playoff, Oladipo hendak melakukan hal serupa. Ia ingin berlatih lagi dan menjaga motivasinya untuk menjadi yang terbaik.

Foto: Getty Images

Komentar