IBL

Tim putri basket Amerika Serikat menggelar pemusatan latihan sekaligus latih tanding di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada 24-26 April 2018. Pemusatan latihan yang diikuti 19 pemain ini dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi FIBA Women’s Basketball World Cup 2018 yang akan digelar di Spanyol pada 22-30 September mendatang.

Nama-nama yang hadir di Seattle ini adalah bagian dari 28 nama pemain yang masuk dalam daftar siap panggil oleh badan tim nasional basket purtri Amerika Serikat. Belum ada nama Maya Moore, Brittney Griner, Tina Charles, Kelsey Plum, dan Nneka Ogwumike yang masih terhalang cedera atau pun masih berkompetisi di Eropa.

Meski tanpa nama-nama di atas, skuat Amerika Serikat yang kali ini dilatih pelatih baru mereka, Dawn Staley, masih memiliki Sue Bird, Diana Taurasi, Elena Delle Donne, Seimone Augustus, Sylvia Fowles, Skylar Diggins-Smith, dan Breanna Stewart dalam daftar pemain mereka. Pemain-pemain tersebut juga masuk dalam daftar 13 pemain aktif saat melawan tim nasional Cina di Kay Arena, Seattle, Washington, Amerika Serikat, Kamis malam, 26 April 2018 waktu setempat.

Bermain mendominasi dan sama sekali tidak pernah dalam posisi tertinggal, Amerika Serikat menutup laga dengan kemenangan telak 86-43. Empat pemain Amerika Serikat berhasil mencetak dua digit angka dengan dipimpin Fawles yang mencetak 16 poin. Taurasi dan Stewart sama-sama mencetak 14 poin sementara Elizabeth Williams mencetak 10 poin dari bangku cadangan.

Dengan berakhirnya laga ekshibisi ini, berakhir pula pemusatan latihan tahap ketiga timnas putri Amerika Serikat. Dua pemusatan latihan sebelumnya telah digelar pada akhir September dan pertengahan Februari 2017 lalu. Amerika Serikat tampak sangat serius dalam meghadapi FIBA Women’s Basketball World Cup 2018 karena rasa penasaran mereka untuk meraih gelar juara tiga kali beruntun. Sejak pertama kali digelar pada 1953 lalu, rekor terbaik Amerika Serikat adalah menang di dua gelaran beruntun. Meski begitu, sacara garis besar Amerika Serikat masih sangat mendominasi dengan menjadi juara di empat dari lima gelaran terakhir.

Foto: The Seattle Times, Twitter

Komentar