IBL

Atlanta Hawks akan bergabung dengan Phoenix Suns, Charlotte Hornets, New York Knicks, dan Orlando Magic dalam perburuan kepala pelatih baru untuk musim depan. Hawks menjadi anggota terbaru setelah resmi mengumumkan berpisah dengan kepala pelatih mereka sejak 2013 lalu, Mike Budenholzer.

Perpisahan kedua pihak ini sudah diprediksi beberapa pengamat setelah bulan lalu manajemen Hawks membiarkan Budenholzer menjalani wawancara sebagai kandidat pelatih baru Suns. Dikabarkan ESPN, sebelum ada pengumuman perpisahannya, Budenholzer bahkan telah berencana bertemu manajemen Knicks minggu ini.

"Saya cukup bersyukur dengan lima tahun perjalanan saya sebagai pelatih Hawks. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas semua kontribusi, dedikasi, dan kerja keras para pemain yang telah bekerja sama dengan saya di sini. Untuk pemilik, manajemen, staf, hingga penggemar, saya akan terus mengingat perjalanan saya dengan Hawks sebagai sebuah perjalanan yang membanggakan," ungkap Budenholzer dalam rilis resmi yang dilansir ESPN. 

Musim ini menjadi musim terburuk Hawks di bawah komando Budenholzer. Dengan sederet kepergian pemain bintang mereka, Hawks tidak mampu berbicara banyak dan berakhir sebagai tim peringkat buncit di Wilayah Timur dengan hanya mengemas 24 kemenangan dari 82 laga. Padahal, di empat musim sebelumnya, Budenholzer tidak pernah gagal membawa Hawks lolos ke babak playoff.

Prestasi terbaik pria berusia 48 tahun tersebut terjadi pada musim 2014-2015. Ia berhasil membawa Hawks yang kala itu digawangi Jeff Teague, Kyle Korver, DeMarre Carroll, Paul Millsap, dan Al Horford meraih 60 kemenangan dan menutup musim reguler sebagai pemuncak klasemen. Sayangnya, meski mampu melaju hingga babak final Wilayah pada musim itu, Hawks langsung takluk empat kali tanpa balas dari Cleveland Cavaliers. Itu adalah final wilayah pertama Hawks sejak musim 1969-1970. Musim itu, Budenholzer juga berhasil menggondol pulang penghargaan Coach of the Year. 

ESPN melalui salah satu kontributornya, Adrian Wojnarowski, menyebutkan bahwa Hawks sedang mengamati beberapa asisten pelatih NBA yang dianggap mampu menjadi suksesor Budenholzer. Stephen Silas (Charlotte Hornets), Nate Tibbetts (Portland Trail Blazers), David Vanterpool (Blazers), Ime Udoka (San Antonio Spurs), dan James Borrego (Spurs) menjadi nama-nama yang mencuat belakangan ini. Selain itu, ada pula nama mantan pelatih Memphis Grizzlies, David Fizdale, yang sedang tidak melatih tim manapun.

Foto: NBA

Komentar