IBL

Entah ke mana Mike Budenholzer melabuhkan hatinya setelah mengakhiri kerja sama dengan Atlanta Hawks. Berbagai rumor pun menyeruak seiring kepergiannya dari Atlanta. Namun, nasibnya menemui titik terang setelah Budenholzer sepakat menangani Milwaukee Bucks pada Rabu, 16 Mei 2018 waktu setempat.

Sesuai laporan Adrian Wojnarowski di ESPN, Mike Budenholzer setuju untuk mengambil posisi kepala pelatih baru Bucks setelah tim itu menyodorkan kontrak empat tahun. Keputusan itu muncul beberapa jam setelah sang pelatih sarapan bersama Giannis Antetokounmpo dan Khris Middleton, dua pemain utama Bucks, pada Rabu pagi. Sehari sebelumnya, Budenholzer juga sempat bertemu pemilik Bucks di New York untuk membicarakan kesempatan kerja ini.   

Dalam proses perekrutan ini, Bucks tampak serius untuk memastikan segalanya berjalan baik. Apalagi, menurut Manajer Umum Jon Horst, timnya telah mengincar Budenholzer sejak lama. Maka, Bucks pun melakukan apa yang harus mereka lakukan, termasuk mempertemukan dua pemain andalannya dengan sang pelatih sebelum resmi bekerja sama.

Di sisi lain, Budenholzer juga melakukan berbagai upaya untuk memastikan ia dan tim barunya satu visi. Hal itu ia lakukan lantaran dirinya baru saja mengalami musim terburuknya selama empat tahun terakhir bersama Atlanta Hawks. Pada 2017-2018 ini, ia hanya memenangkan 24 dari total 82 pertandingan dan terjatuh ke dasar klasemen Wilayah Timur tanpa memiliki kesempatan ke playoff. Padahal di tiga musim belakangan, Hawks selalu menghuni peringkat lima besar dan melaju ke playoff.

Dengan buruknya performa Hawks dan merasa tidak lagi satu visi, Budenholzer memutuskan untuk melepas posisinya sebagai kepala pelatih. Sejak itu, ia pun menjadi pengangguran dan mencoba mencari peruntungan dengan klub NBA lainnya, salah satunya Milwaukee Bucks. Apalagi Bucks memang sedang mencari pelatih baru.

Bucks memecat Kepala Pelatih Jason Kidd di pertengahan musim dan menggantinya dengan Asisten Pelatih Joe Prunty sementara waktu. Prunty berhasil membawa Bucks ke playoff meski harus tumbang oleh Boston Celtics di putaran pertama. Maka, tim asal Milwaukee ini pun merasa perlu mencari pelatih baru untuk membawa mereka lebih jauh musim depan.

Selama masa pencarian, Bucks sempat mengincar beberapa pelatih yang sedang menganggur. Mereka bahkan mengincar Becky Hammon yang berpotensi sebagai kepala pelatih perempuan pertama di NBA. Entah ke mana mereka akan melabuhkan hatinya saat itu. Namun, semua pertanyaan telah menemui titik terang hari ini. Bucks merekrut Budenholzer sebagai kepala pelatih untuk empat tahun ke depan.

(Baca juga: Becky Hammon Berpotensi Jadi Kepala Pelatih Perempuan Pertama di NBA)

Foto: NBA

Komentar