IBL

Keperkasaan Surabaya Fever di kompetisi basket putri Indonesia kembali terbukti. Tim ini menjadi juara Srikandi Cup 2017-2018, setelah memenangkan semua pertandingan sejak Seri 1 Makassar hingga Playoff yang berlangsung di Cirebon. Pada laga final playoff, Fever menumbangkan Merpati Bali dengan skor 61-47, di GMC Arena, 21 April.

Total selama musim ini, Fever sudah memenangi 18 pertandingan di Srikandi Cup. Di masing-masing seri yaitu Makassar, Surabaya dan Jakarta, mereka bermain lima kali. Sedangkan di playoff, tiga pertandingan disapu bersih oleh tim asuhan Wellyanto Pribadi tersebut.

Di laga puncak, Fever hampir saja terpeleset. Fever meninggalkan Merpati, 22-11, di kuarter pertama. Merpati melaju 12-0 di awal kuarter kedua dan mampu unggul 29-25 saat jeda pertandingan. Di kuarter ini, Fever hanya mampu mencetak tiga poin selama satu kuarter. Ini merupakan capaian terendah tim yang belum pernah tersentuh kekalahan selama empat musim kompetisi.

Merpati yang sudah unggul justru tidak mencetak poin selama enam menit di kuarter ketiga. Sementara itu, Fever melaju 14-0, yang membawa mereka berbalik memimpin 39-29. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 44-36. Sumiati Sutrisno mencetak delapan poin lewat layup di kuarter ini. Lalu di kuarter keempat, Fever dengan strategi menyerang area lubang kunci, bisa menambahkan 17 poin. Mereka akhirnya menang dengan keunggulan 14 poin.

"Lawan sangat bagus. Mereka berjuang merebut rebound lebih keras dari tim saya. Sedangkan akurasi anak-anak hari ini juga sangat tidak bagus. Tripoin saja hanya satu kali masuk dari 22 percobaan. Kami tertolong tembakan bebas dan penguasaan paint area. Cukup mengejutkan juga kami bisa juara dengan kondisi seperti itu," komentar Wellyanto Pribadi, Kepala Pelatih Fever.

"Kami melakukan 26 turnover, itu yang menjadi masalah. Seperti yang sudah terjadi di tiga seri sebelumnya, kami selalu kehilangan momentum di kuarter ketiga," ujar Kepala Pelatih Merpati Bali, Bambang Asdianto Pribadi.

Fever mendapatkan sumbangan banyak poin dari dua senter, Gabriel Sophia dan Clarita Antonio. Clarita mencetak 14 poin dan sembilan rebound, sedangkan Gabby menambahkan 12 poin dan 14 rebound. Performa Natasha Debby Christaline juga cemerlang dengan raihan 15 poin, disusul Sumiati yang mampu mencetak 10 poin. Di kubu Merpati, Yusranie Noory Assipalma menghasilkan 10 poin dan 10 rebound.(*)

Foto: Alexander Anggriawan dan Mei Linda

Komentar