IBL

Laga kedua Srikandi Cup 2018 Seri II Surabaya mempertemukan Merpati Bali dengan Merah Putih Samator Jakarta. Pada laga kali ini, Merpati berhasil menumbangkan Samator di GOR Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur, Senin 29 Januari 2018. Pasukan Kepala Pelatih Bambang Asdianto Pribadi tersebut sukses meraih kemenangan dengan skor 54-38.

Dalam laga ini Bambang Asdianto Pribadi memberikan instruksi khusus untuk memaksimalkan peran para pemain besar, baik center maupun forward. Kehilangan Agustin Elya Gradita Retong nyatanya cukup berpengaruh, sehingga ia mesti merombak ulang komposisi timnya. Namun, pelatih berkacamata tersebut mengaku siap dengan kondisi ini dan akan memainkan sistem yang berbeda di setiap laga.

“Kehilangan Dita memang memberi pengaruh buat tim ini, ditambah lagi cedera yang baru saja dialami Ayu (Sriartha) di laga ini. Untuk itu saya membuat sistem yang harus dijalankan oleh para pemain. Di seri ini saya ingin Eka (Putu Eka Febriandana), Husna (Latifah), dan Dora (Lovita) untuk mengambil peran tersebut. Eka tampil cukup baik di pertandingan hari ini dan saya harap dia tidak cepat puas,” komentar Bambang.

Eka sendiri, misalnya, mengemas 13 poin dan 9 rebound di laga ini. Ia tampil cukup baik di area lubang kunci. Dengan tubuhnya yang menjulang, ia berusaha untuk tidak kalah dari lawan.

Di kuarter pertama, Merpati memang sudah menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu kandidat juara musim ini. Eka yang tampil lugas membawa timnya unggul sementara 22-11. Meski unggul pada kuarter selanjutnya, Bambang Asdianto merasa para pemainnya mengendurkan serangan mereka. Samator Jakarta yang bertumpu pada Michelle Kurniawan dan Isabelle Suryaman, akhirnya mulai dapat memperkecil ketertinggalan mereka. Namun, belum itu ternyata belum cukup untuk mengungguli lawan. Merpati pun menang.

Di laga selanjutnya, Srikandi Cup menghadirkan juara bertahan Surabaya Fever. Tim kuat itu harus menghadapi Flying Wheel Makassar di kandang sendiri, GOR Kertajaya Surabaya.

Pada kesempatan itu, Fever menurunkan skuat muda mereka. Para pemain muda diberi menit bermain untuk mendapat pengalaman lebih. Sementara itu, beberapa pilar diistirahatkan guna menghadapi sisa laga di seri ini di lain hari. Mereka tampak hadir di bangku penonton.  

Kendati demikian, Fever ternyata terlampau kuat untuk Flying Wheel. Mereka tampil trengginas sejak awal dengan bertahan dan menyerang sama baiknya. Jovita Simon menjadi pencetak angka terbanyak dengan 19 poin. Fever pun menang telak 102-40.

Srikandi Cup masih akan berlangsung esok hari, Selasa 30 Januari 2018. Akan ada empat pertandingan lain yang menjadi suguhan nanti.

Foto: Mei Linda

Komentar