IBL

Air Jordan kabarnya akan merilis sepatu yang menggabungkan Air Jordan 1 Bred/Banned dengan Chicago. Diberi nama “Homage to Home”, sepatu ini merupakan bentuk penghormatan dari dua warna Air Jordan 1 yang mengawali segala pencapaian Michael Jordan. Edisi terbatas ini rencananya akan dirilis sebanyak 2300 pasang pada 21 April 2018 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Tak hanya itu, Air Jordan dikabarkan akan merilis lagi edisi lain Homage to Home dengan warna sebaliknya pada 19 Mei 2018.

Secara konstruksi, Homage to Home memuat dua kombinasi warna berbeda yang digabung dalam satu sepatu. Pembagian warna tersebut dilakukan dengan menarik garis lurus dari ujung depan hingga tumit. Di bagian luar, Air Jordan menempatkan warna merah hitam ala Bred/Banned. Warna putih, merah, dan hitam ala Chicago ditempatkan di dalam. Selain itu, terdapat detail tulisan “From” dan “For” di bagian tumit sebagai pemanis.

Air Jordan 1 merupakan sepatu pertama Michael Jordan dengan Nike. Edisi pertama adalah warna merah hitam (Bred) yang diperkenalkan pertama kali pada 1984. Awalnya, ia kurang menyukainya karena warna itu menurutnya lebih mirip warna setan. Kemudian, Nike membuat warna putih, merah, hitam atau yang biasa disebut Chicago.

Ada cerita unik ketika Jordan menggunakan Air Jordan1 Bred pada 1984. Di tahun tersebut, NBA mewajibkan seluruh pemainnya menggunakan sepatu basket yang senada dengan warna seragam tim. NBA menetapkan hukuman berupa denda AS$5000 bagi pemain yang melanggar. Peraturan ini dikenal sebagai Uniformity of Uniform.

Karena telah terikat kontrak dengan Nike, Michael Jordan harus memakai Air Jordan 1 Bred (merah-hitam) saat bertanding sedangkan rekan setimnya sepakat bersepatu dominan putih. Hal itu tentu melanggar peraturan keseragaman yang ditetapkan NBA. Oleh karenanya, NBA mengirim surat teguran kepada Nike. Lewat surat teguran itu, Nike harus membayar denda tersebut setiap Jordan menggunakan Air Jordan 1 Bred saat bertanding.

Sayangnya, data lengkap tentang peraturan ini tidak diarsipkan Nike. Tidak ada yang mengetahui secara pasti berapa kali Jordan menggunakan Air Jordan 1 Bred dalam pertandingan. Tidak ada pula yang mengetahui total denda serta hukuman yang ditanggung Nike selaku pihak sponsor. Akan tetapi, resiko besar yang diambil Nike terbukti membuahkan hasil sangat besar. Michael Jordan dan Nike dianggap sebagai kerjasama atlet dan perusahaan olahraga tersukses di dunia.

Foto: Nike, Pinterest

Komentar