IBL

Kepala Pelatih Saigon Heat, Kyle Julius dijatuhi hukuman skorsing atau larangan mendampingi tim selama dua pertandingan. Penyelenggara ASEAN Basketball League mengumumkan hukuman tersebut pada Kamis, 5 April 2018. Hukuman ini membuat Kyle tidak bisa memimpin tim di sisa pertandingan perempat final ABL 2017-2018.

Dalam situs resmi aseanbasketballleague.com disebutkan bahwa, pemain atau pelatih akan mendapatkan satu larangan bertanding ketika melakukan technical-foul lima kali dalam satu musim. Bila melakukan lebih dari itu, maka akan mendapatkan skors lebih banyak.

Peristiwa technical-foul Julius terjadi saat Saigon Heat kalah 100-110 dari San Miguel Alab Pilipinas, di FilOil Flying V Center, San Juan City, 1 April lalu. Julius mendapatkan technical-foul di sisa tiga menit kuarter pertama. Ini merupakan technical-foul kelima dan mendapatkan hukuman larangan mendampingi tim.

Kemudian di sisa dua menit kuarter kedua, Julius menerima technical-foul kedua di laga ini. Artinya, ia sudah melakukan enam pelanggaran teknis. Liga pun memberikan sanksi tambahan yaitu penambahan jumlah larangan pertandingan.

Julius akan menjalani hukuman pertama pada Sabtu, 7 April mendatang. Saat itu, Saigon Heat mendapatkan giliran sebagai tuan rumah laga kedua perempat final melawan Alab Pilipinas di CIS Arena, Ho Chi Minh City. Bila terjadi pertandingan ketiga, maka Julius juga tidak boleh memimpin Saigon melawat ke Sta. Rosa Multi-Sports Complex pada 11 April 2018.

Saigon Heat berhasil menembus babak playoff ABL empat musim berturut-turut. Sayangnya, mereka belum pernah memenangkan satu laga pun dari tujuh pertandingan di babak ini. Absennya Julius menambah berat beban Heat untuk bisa menaklukkan Alab Pilipinas.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar