IBL

David Singleton sekarang menjabat sebagai kepala pelatih Bank BPD DIY Bima Perkasa di IBL 2021, yang mulai bergulir hari ini, Rabu, 10 Maret 2021. Namun kabarnya, Singleton ditunjuk sebagai kepala pelatih Fraser Valley Bandits di Canadian Elite Basketball League (CEBL). Dia menggantikan Kyle Julius yang tidak bisa melatih tim tersebut karena pembatasan penerbangan lintas negara. Keputusan menunjuk Singleton sebagai kepala pelatih diumumkan pada 10 Maret lalu.

"Meskipun saya kecewa karena saya tidak bisa bersama tim musim panas ini, saya percaya dengan Coach Dave. Dia adalah pelatih muda elit dengan kemampuan luar biasa untuk memotivasi dan mengeluarkan yang terbaik dari para pemainnya," kata Julius. "Merupakan suatu kehormatan ditugaskan sebagai manajer, meski saya harus tetap berada di Taiwan. Saya percaya Coach Dave dan stafnya bisa membuat tim yang kompetitif."

Kyle Julius sebenarnya menjabat sebagai kepala pelatih dan manajer umum tim Bandits, dan David Singeton menjadi asisten pelatih. Namun di CEBL 2021 yang akan dimulai 5 Juni mendatang, Singleton akan bertindak sebagai kepala pelatih. Alasannya, Julius yang saat ini tinggal di Taiwan mengalami kesulitan untuk melakukan penerbangan antarnegara. Dia akan memimpin tim Bandits sebagai manajer dari Taiwan.

"Itu memang benar. Saya akan menjadi pelatih di Kanada. Itu liga musim panas di sana. Tidak sepanjang tahun. Saya sudah pernah melakukan hal yang sama tahun lalu," kata David Singleton, di sela-sela kesibukannya memimpin Bima Perkasa. "CEBL nanti juga menggunakan sistem gelembung. Itu kompetisi basket tingkat tinggi, sehingga saya tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Sekarang saya punya kesempatan menjadi kepala pelatih."

Singleton dianggap sebagai salah satu pelatih muda terbaik di Asia. Dia bergabung dengan Bima Perkasa pada Desember 2020. Sebelumnya dia pernah menjadi pelatih dan manajer Cantho Catfish di Vietnam Basketball Association (VBA) di tahun 2016. Singleton bergabung dengan Saigon Heat sebagai asisten pelatih utama pada staf Julius di ABL selama dua musim dari 2017-2019. Dia menjadi pelatih kepala Heat untuk VBA 2019 dan memimpin tim menjadi juara.

Pada tahun 2020, Singleton bergabung dengan Pacific Caesar Surabaya di IBL di mana ia memimpin tim masuk zona playoff. Sayangnya, musim harus dihentikan karena pandemi Covid-19. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar