IBL

Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada, menjadi saksi laga sengit antara dua pemuncak klasemen sementara dua wilayah NBA. Bertindak sebagai tuan rumah, Toronto Raptors adalah pemuncak klasemen sementara Wilayah Timur. Sementara sang tamu, Houston Rockets, adalah pemuncak klasemen sementara Wilayah Barat. Di hadapan 20 ribu lebih pendukungnya, Raptors berhasil memenangi laga yang digelar Jumat malam, 9 Maret 2018 waktu setempat, dengan skor akhir 108-105.

Laga masih sama kuat (102-102) saat laga tersisa dua menit. DeMar DeRozan bermain pos (post play) menghadapi James Harden. DeRozan lalu melakukan tembakan sambil berputar yang menemui sasaran, membawa Raptors unggul dua angka. Satu penguasaan bola kemudian, Rockets berusaha menyamakan kedudukan melalui layup Clint Capela. Sayangnya, usaha tersebut digagalkan lewat blok Jonas Valanciunas.

Harden berusaha memaksakan pertandingan ke babak tambahan saat kedudukan 108-105 di sisa 1,6 detik. Namun, ia gagal memasukkan tripoin dari tengah lapangan, Raptors pun berhasil memenangi pertandingan.

Duo andalan Raptors, Kyle Lowry dan DeRozan mencetak 53 dari total 108 poin timnya. Lowry mencetak 30 poin dan 6 asis sementara DeRozan menambahkan 23 poin dan 7 rebound. Valanciunas membukukan dobel-dobel dengan 14 poin dan 10 rebound sementara Serge Ibaka menambahkan 11 poin plus 7 rebound. Fred VanVleet melengkapi daftar pemain Raptors yang mencetak dua digit angka dengan 11 poin plus 5 asis.

Dari pihak tamu, Harden masih setia sebagai pendulang poin utama Rockets dengan 40 poin dan 4 asis. Capela membukukan dobel-dobel dengan 13 poin dan 13 rebound. Duo Chris Paul dan Eric Gordon sama-sama mencetak 14 poin yang tak mampu menghindarkan Rockets dari kekalahan.

Kemenangan ini membuat Raptors belum terkalahkan dalam tujuh laga terakhir. Sementara bagi Rockets, kekalahan ini mengakhiri rentetan 17 kemenangan beruntun mereka. Ini menjadi kekalahan pertama tim asuhan Mike D’Antoni sejak melawan New Orleans Pelicans, 26 Januari lalu.

Selanjutnya Rockets masih akan menjalani laga tandang dengan bertamu ke markas Dallas Mavericks. Sementara Raptors akan memulai rentetan tiga laga tandang mereka dengan bertandang ke Madison Square Garden, markas New York Knicks, Minggu malam, 11 Maret 2018 waktu setempat.

Foto:  Associated Press

Komentar