IBL

Boston Celtics berhasil mengirimkan dua pemainnya dalam gelaran Mtn Dew Kickstart Rising Stars yang digelar Jumat malam, 16 Februari 2018 waktu setempat. Mereka adalah Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Keduanya tampil bersama untuk mewakili Team USA.

Jaylen berhasil tampil gemilang dan menjadi top skor laga dengan mencetak 35 poin dan 10 rebound. Sayangnya, penampilan tersebut gagal membawa Team USA memenangi laga setelah kalah dari Team World 124-155.

Seusai pertandingan, pemain bernomor punggung tujuh ini sempat mengutarakan perasaanya pada laga ini. Mainbasket merangkum wawancara pemain berumur 21 tahun ini berdasarkan rilis resmi NBA dalam konferensi pers usai laga. Sang pemain tampak sangat antusias mengingat ini adalah pengalaman pertamanya berpatisipasi dalam rangkaian acara All-Star Weekend.

Bagaimana perasaan Anda akhirnya bermain dalam pertandingan ini dan menunjukan pada penggemar kemampuan Anda? Mengingat tahun lalu Anda tidak terpilih mengikuti acara ini.

Menyenangkan, pengalaman yang berharga buat saya. Saya ucapkan terima kasih bagi NBA telah mengundang saya. Saya juga ucapkan terima kasih bagi tim pelatih. Saya pikir mereka bekerja dengan bagus dalam menyampaikan pesan untuk terus bersaing pada pertandingan ini.

Gelaran All-Star ini menarik perhatian seluruh penggemar di dunia. Anda tentu sudah terbiasa dengan para penggemar sejak Anda masih di sekolah hingga menjadi pemain profesional. Tapi bagaimana Anda melihat interaksi dengan penggemar di luar Amerika Serikat selama All-Star ini?

Ini mengagumkan. Saya suka pergi berlibur, itu adalah salah satu kegemaran saya. Musim panas nanti saya berencana untuk berlibur lebih jauh, bertemu dengan para penggemar yang jauh di negara mereka masing-masing dan berusaha membangun hubungan yang lebih erat dengan mereka.

Dari semua pemain Boston Celtics yang pernah bermain dalam NBA Rising Stars, Anda adalah pencetak poin tertinggi. Sebelum Anda mencetak 35 poin hari ini, rekor terbanyak sebelumnya adalah 20 poin. Bagaimana rasanya mengetahui hal tersebut? Anda sekarang ada pada daftar teratas dari semua pemain Celtics yang pernah ada, apa motivasi Anda sebelum pertandingan?

Siapa yang berhasil saya lewati?

 Antoine Walker, sekarang Anda geser menjadi peringkat kedua.

Oke, itu cukup keren menurut saya. Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, menyenangkan bisa turut berlaga pada pertandingan ini. Ini merupakan sebuah pengalaman yang menakjubkan. Saya sekali lagi harus berterima kasih pada NBA atas kesempatan yang mereka berikan. Saya hanya datang dan bermain bola basket seperti biasa, sederhana.

Apakah ada semangat tersendiri bermain di hadapan penggemar seluruh dunia?

Bermain di hadapan penggemar NBA di seluruh dunia benar-benar menakjubkan. Saya seolah punya kewajiban di pundak saya untk bermain dengan bagus dan membuktikan kepada seluruh penggemar tentang kemampuan saya. Saya pribadi ingin mereka melihat bahwa saya datang dan bermain dengan semangat yang membara.

Anda berlaga sebagai pemain utama sementara rekan setim Anda, Jayson Tatum, turun dari bangku cadangan. Akan tetapi, kalian berdua sempat berada di lapangan dalam waktu yang bersamaan. Bagaimana rasanya bermain dengan rekan setim Anda dalam pertandingan seperti ini?

Ini menyenangkan. Tatum sudah seperti saudara bagi saya. Tahun ini kami berkembang lebih baik bersama. Belajar dari pemain yang lebih senior seperti Kyrie Irving, Marcus Morris, Aaron Baynes dan Al Horford. Setiap saat Anda tumbuh bersama dengan pemain lain dan meraih prestasi, rasanya akan sangat menyenangkan. Seperti Rising Stars Challenge, ini keren. Saya rasa kalau kami terus tumbuh dan bermain bersama, kami bisa menjadi sangat istimewa di liga.

Keluar dari topik, Anda bermain bersama Kyrie sekarang. Bagaimana ia membuat permaianan Anda semakin membaik?

Ini pertanyaan sederhana. Kyrie selalu menarik banyak perhatian lawan dan mengurangi konsentrasi lawan kepada empat pemain lainnya. Jadi Anda harus siap menjadi lebih baik dengan kondisi tersebut. Ia mungkin salah satu pemain terbaik di dunia sekarang. Saat ia berada di lapangan, ia mempermudah segalanya bagi rekan setimnya. Saat ia tidak berada di lapangan, Anda jelas dapat merasakan perbedaannya.

Jaylen, jelas tidak mengikuti Dunk Contest esok hari. Akan tetapi, melihat permainan Anda pada laga tadi, apakah Anda merasa seolah sudah memenangi Dunk Contest?

Tentu saja tidak. Dunk Contest akan sangat mengasyikan. Saya sudah berbicara dengan para kontestan bahwa saya penasaran dengan apa yang akan mereka lakukan. Bila sesuatu yang spektakuler terjadi besok, mungkin saya akan ikut berlomba tahun depan.

Mohon maaf sebelumnya. Anda sempat menyinggung isu tentang komentar LeBron James dan pembawa berita Fox saat bertemu dengan media sebelum pertandingan. Saya ingin tahu bagaimana Anda menilai peran para atlet atau orang-orang yang bekerja pada bidang olahraga terhadap situasi politik negara?

Menurut saya mereka memiliki peran masing-masing. Saya salut kepada mereka yang berani mengungkapkan pendapat mereka. Apalagi mereka memang cukup mengerti hal-hal tersebut. Saya tidak bilang bahwa para pemain harus berani berpendapat dengan mengutarakan apa saja yang mereka pikirkan. Akan tetapi, saya rasa beberapa pemain memang mengerti banyak hal daripada yang masyarakat kira. Semua orang bisa saja mempelajari sesuatu lantas mengungkapkan pendapat mereka, tapi saat seorang atlet yang mengungkapkan pendapat mereka. Hal tersebut selalu dirasa tidak benar. Dengan hal tersebut, itu merupakan tantangan tersendiri bagi saya dan generasi selanjutnya untuk mengubah pola pikir tersebut menjadi lebih baik.

Banyak sekali bintang-bintang NBA yang memiliki penampilan yang cukup baik pada debut mereka di laga ini. Seperti Kobe dan LeBron pada era terdahulu. Apakah Anda melihat dominasi Anda pada laga ini akan membawa Anda menjadi All Star tahun depan?

Saya tidak berpikir seperti itu. Tapi bila saya harus menjawab pertanyaan Anda, tentu saja saya bilang iya. Saya hanya berpikir untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Perkembangan saya dari tahun lalu ke tahun ini cukup luar biasa. Dan saya percaya perkembangan saya tahun ini ke tahun depan akan jauh lebih luar biasa. Ini bukan tentang dominasi, ini semua selalu tentang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu sembari berusaha meraih gelar juara bersama Celtics. Ini semua tentang hal tersebut.

Foto: Getty Images

Komentar