IBL

Tim BSB Hangtuah saat ini menduduki peringkat ketiga di klasemen sementara Divisi Merah pada IBL 2017-2018. Zona yang cukup aman untuk bisa melaju ke babak playoff. Salah satu yang mengancam posisi Hangtuah hanya Bima Perkasa Yogyakarta. Hangtuah tentu berharap Bima Perkasa bisa terpeleset di Seri 8 Malang, agar mereka bisa melaju ke play-off dengan nyaman. Tapi Hangtuah memilih untuk tidak menggantungkan nasib pada tim lain.

Posisi Hangtuah memang kurang menguntungkan. Sebab mereka kalah head-to-head, 1-2, dari Bima Perkasa. Ini artinya, bila kedua tim punya jumlah kemenangan yang sama, maka Bima Perkasa yang mengambil alih peringkat ketiga dan berhak lolos ke playoff. Keunggulan Hangtuah hanyalah jumlah kemenangan yang lebih banyak dari Bima Perkasa. Hangtuah sudah memenangi enam laga dari total 15 pertandingan.

"Kompetitor terdekat kami adalah Bima Perkasa. Karena peluang dua tim ini sama besar untuk bisa lolos ke playoff. Tapi saya lebih fokus pada tim sendiri. Saya tidak ingin menggantungkan nasib pada tim lain. Setiap pertandingan harus mendapatkan hasil maksimal," kata kepala pelatih Hangtuah, Andika Supriadi Saputra.

Di seri Malang, Hangtuah dijadwalkan menjalani dua pertandingan. Menghadapi Siliwangi Bandung (23 Februari) dan Pelita Jaya Basketball (24 Februari). Bila mereka bisa memenangi dua pertandingan tersebut, maka Hangtuah bisa lolos playoff dengan aman.

Kelly Purwanto dan rekan-rekan sudah berlatih sejak minggu lalu. Latihan kali ini ditekankan pada sisi mental pemain saja. Andika berusaha membuat suasana tim lebih santai saat latihan. Menurunkan ketegangan pemain jelang seri terakhir sangat penting saat ini.

"Saya hanya bilang ke pemain, bahwa semua harus bekerja lebih keras lagi di seri terakhir. Kami akan menghadapi Siliwangi dan Pelita Jaya. Jadi kami harus bermain tanpa beban," ucapnya. "Kondisi tim Hangtuah saat ini cukup bagus. Tidak ada pemain yang cedera. Bila ada yang sakit, hanya flu biasa karena cuaca kurang baik."

Hangtuah memang bukan tim terbaik di liga, bila dilihat dari akurasi dan produktifitas poin. Akurasi tim ini hanya 39 persen dan jumlah poin per pertandingan yang dicetak sebanyak 70,6 poin. Dengan rataan tersebut, Hangtuah menduduki peringkat ketujuh dari 10 kontestan liga. Tapi yang sangat berbahaya dari Hangtuah adalah guard dan dua pemain asingnya. Keenan Thomas Palmore, Nahshon Christopher George dan Kelly Purwanto menduduki 15 besar pencetak steal terbanyak di liga. Bahkan Keenan Palmore menjadi top steal saat ini dengan 3,1 steal per pertandingan. Kedua pemain asing tersebut, Keenan dan Nahshon juga sangat produktif dengan sama-sama mencatatkan 21 poin per pertandingan. Di sisi lain, rookie Abraham Renoldi Wenas bisa menjadi jawaban kebuntuan Hangtuah. Ia rata-rata menyumbangkan 7,0 poin per pertandingan. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar