IBL

Pelita Jaya Jakarta kembali menang setelah kalah di hari terakhir Seri VI Yogyakarta. Kini mereka berhasil kembali ke jalur kemenangan setelah menumbangkan Siliwangi Bandung di Indonesian Basketball League (IBL) Seri VII Cirebon. Pelita Jaya menang 77-61 di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 3 Februari 2018.

C.J. Giles menjadi penampil terbaik dengan double-double. Ia meraihnya dengan angka fantastis 24 poin dan 21 rebound. Sementara itu, Wayne Bradford berhasil memberi 20 poin. Kedua pemain asing ini menjadi senjata ampuh Pelita Jaya dalam menghadapi Siliwangi.

Di kubu lawan, Siliwangi cenderung memanfaatkan peran Darnell Brown II. Pemain asing satu ini mencetak 27 poin, 7 asis, dan 6 rebound. Namun, pemain lokal Kevin Moses Poetiray juga tidak mau kalah. Ia menyumbang 11 poin dalam kekalahan ini.

Pelita Jaya berusaha tampil maksimal setelah kalah dari Stapac Jakarta di seri sebelumnya. Hari ini mereka tancap gas di awal kuarter, sehingga mereka dapat unggul lebih dulu. Hal itu diungkap Kepala Pelatih Johanis Winar. Ia mengatakan, timnya memiliki awalan yang bagus untuk bisa memenangkan laga ini.

“Ini game yang bagus,” ujar Johanis. “Di awal semua berjalan seperti yang direncakanan.”

Sementara itu, Siliwangi di paruh waktu pertama justru tidak mendapat momentum yang bagus. Mereka telat panas sehingga tertinggal cukup jauh 56-40. Asisten Pelatih Paul Mario bahkan mengatakan, timnya terlalu banyak melakukan kesalahan yang mengakibatkan turnover. Sesuai catatan, Siliwangi melakukan 11 kali turnover hanya dalam dua kuarter awal.

Kendati demikian, Siliwangi justru bangkit di paruh waktu kedua. Brown memimpin tim ini dengan baik, sehingga mereka bisa memangkas jarak skor. Namun, Pelita Jaya ternyata mampu menjaga asa. Kombinasi pemain asing dan lokal berpengalaman membuat mereka tetap unggul. Pelita Jaya pun menang 77-61.

Selanjutnya, Pelita Jaya bakal menghadapi Satya Wacana esok hari. Siliwangi sendiri telah menghabiskan semua pertandingan di seri ini. Mereka akan bersiap menghadapi seri berikutnya di Malang.   

Foto: Hari Purwanto

Komentar