IBL

Indonesian Basketball League (IBL) akhirnya merapat ke Surabaya. Di pertandingan penutup hari pertama, liga profesional Indonesia ini menyajikan laga antara Pacific Caesar Surabaya dan Siliwangi Bandung. Pacific berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 80-56 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam 19 Januari 2018.

Anton Waters, pemain asing baru Pacific, tampil baik di laga debutnya. Ia mengoleksi double-double 28 poin dan 24 rebound. Sementara itu, David Seagers mencetak 28 poin, 8 asis, dan 7 rebound. Duo asing ini menjadi alasan kemenangan Pacific di rumah sendiri malam ini.  

Kuarter pertama, Siliwangi sebenarnya menguasai bola lebih dulu. Sayangnya, mereka tidak bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mencetak poin. Seagers, point guard Pacific, justru lebih dulu mencetak angka. Pada kuarter pertama ini, setidaknya ia telah mengoleksi 10 poin sendirian.

Tidak hanya Seagers, pemain asing anyar juga cukup baik. Waters trengginas di debutnya hari ini. Bigman asal Amerika Serikat itu tampil kuat di bawah ring. Pacific pun memimpin jauh 20-9.

Duet Seagers-Waters kembali bermain baik setelah turun minum. Keduanya mampu menjaga skor tetap lebar. Waters, terutama, telah mengumpulkan double-double 18 poin dan 15 rebound padahal laga baru berlangsung separuh babak (halftime). Ia menunjukkan dominasnya di bawah ring meski dengan kawalan Joel Clarke, center asing Siliwangi. Pacific terus unggul 43-25.

Di kuarter tiga, Pacific melanjutkan tren positif mereka. Waters juga semakin menunjukkan dominasinya, sementara lawan justru kewalahan. Siliwangi berkali-kali gagal mencetak angka, field goal mereka tertahan di angka 25 persen. Hal itu membuat skor kembali timpang 53-36.

Masuk ke kuarter akhir, Siliwangi sempat memberi perlawanan di menit awal. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama setelah Waters lagi-lagi tampil baik. Ia cukup konsisten menjaga pertahanan di area bawah ring.

Menurut Kepala Pelatih Kencana Wukir, kemenangan Pacific ini tidak lepas dari peran anak-anak asuhnya yang bermain bagus. Mereka bisa menjalankan strategi yang telah diramu sebelumnya. Apalagi pemain asing baru sesuai harapan.

“Kami memang harus memberikan yang terbaik di pertandingan ini,” jelas Kencana Wukir usai laga.

Sementara itu, dengan kekalahan ini, artinya Siliwangi belum pernah memenangkan satu laga pun. Mereka selalu kalah sejak awal liga ini bergulir dengan skuat muda yang baru terbentuk musim ini. Meski begitu, asisten pelatih Paul Mario justru melihat kemajuan pada tim ini. Hanya saja para pemainnya kurang konsisten. Oleh karena itu, mereka rencananya akan terus memantau dan memperbaiki performa tim ini.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar