IBL

James Harden menampilkan permainan terbaik sepanjang karirnya saat Houston Rockets berhadapan dengan Orlando Magic. Bermain selama 46 menit, ia mencetak triple-double 60 poin, 10 rebound, dan 11 asis. Ini merupakan kejadian pertama sepanjang sejarah NBA, seorang pemain menciptakan triple-double dengan catatan poin mencapai 60. Pemain dengan brewok tebal ini bahkan memasukkan 63 persen percobaan tembakannya.

Dalam lanjutan pertandingan NBA yang digelar Selasa malam, 30 Januari 2018 itu, Rockets berhasil memenangi laga di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat. Mereka unggul dengan kedudukan akhir 114-107. Kemenangan ini sekaligus membawa Rockets meraih kemenangan ke-36 mereka dalam 49 laga.

Turun tanpa diperkuat Chris Paul dan Trevor Ariza, Harden mendapatkan bantuan berarti dari center muda Clint Capela. Pemain kelahiran Swiss tersebut mencetak double-double dengan 12 poin dan 13 rebound. Dari bangku cadangan, ada nama Gerald Green yang tampil cukup bagus dengan 11 poin dan 6 rebound.

Di sisi lain, Magic gagal menurunkan power forward utama mereka, Aaron Gordon. Kehilangan Gordon memaksa Kepala Pelatih Frank Vogel menurunkan Mario Hezonja di posisi tersebut. Pemain bersangkutan menjawab kepercayaan tersebut dengan menjadi top skor tim setelah mencetak 17 poin. Ada pula Jonathan Simmons dan Selvin Mack, yang meski pun masing-masing mencetak 15 poin, rupanya belum mampu menghalangi kegilaan Harden.

Kegilaan Harden mutlak menjadi faktor pembeda laga ini. Bahkan penampilan bersejarahmya hari ini sampai menuai pujian dari pihak lawan. "Saya pernah bermain bersama Stephen Curry dan Klay Thompson. Mereka pernah menunjukan performa luar biasa dalam beberapa pertandingan. Akan tetapi, saya tak akan berbohong malam ini merupakan sebuah pengalaman gila bermain di laga tadi dan melihat apa yang Harden lakukan, melihat ia memasukkan semua tembakan tersebut,” ungkap Marreese Speights, seperti dilansir oleh The Score.

Harden juga berhasil memecahkan rekor poin terbanyak dalam satu laga untuk Rockets. Ia mengalahkan rekor milik Calvin Murphy yang mencetak 57 poin sejak nyaris 40 tahun lalu.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa disandingkan dengan Calvin Murphy sebagai salah satu pemain Rockets terbaik. Ini kemenangan berharga dan kami akan berusaha terus melanjutkannya,” ucap Harden seusai laga, seperti dilansir akun Twitter resmi Rockets.

Setelah laga ini, Rockets akan memulai rangkaian empat laga tandang mereka dengan melawat ke markas San Antonio Spurs. Sementara Magic akan kembali ke markas mereka untuk menjamu Los Angeles Lakers.

Foto: USA Today

Komentar