IBL

Detroit Pistons tampil di luar ekspektasi setelah melakukan pertukaran menghebohkan kemarin. Setelah mengirim beberapa pemain pilar mereka untuk mendapatkan Blake Griffin, hari ini mereka justru tampil baik melawan Cleveland Cavaliers. Padahal power forward kaliber All-Star itu belum bisa hadir membela mereka.

Dengan pemain seadanya, Pistons berhasil menggulingkan Cavaliers yang sedang sakit-sakitan di kandang sendiri. Mereka menang 125-114 di Little Caesars Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Rabu malam, 30 Januari 2018. Permainan kolektif Pistons menjadi momok mengerikan bagi tim tamu.

Andre Drummond menjadi penampil terbaik setelah membukukan 21 poin, 22 rebound, dan 7 asis, 3 steal, dan 3 blok. Hari ini ia juga terpilih sebagai All-Star setelah John Wall, guard Washington Wizards, harus operasi karena cedera. Jika sesuai rencana, Drummond bakal tampil pada All-Star Game Februari mendatang.      

Selain Drummond, pemain lainnya juga tampil baik. Stanley Johnson menjadi pencetak angka terbanyak Pistons dengan 26 poin plus 10 rebound. Reggie Bullock, Anthony Tolliver, dan Ish Smith masing-masing mencetak 22, 20, dan 19 poin.

Sementara itu, Cavaliers bertumpu pada megabintang mereka, LeBron James. Ia mencetak 21 poin di laga ini. Channing Frye—yang turun dari bangku cadangan—memberi sumbangan berarti dengan 20 poin. Isaiah Thomas dan Dwyane Wade juga cukup baik dengan 19 dan 18 poin. Sayangnya, perolehan poin itu tidak membantu Cavaliers memenangkan laga. Mereka kesulitan mengawal permainan kolektif tuan rumah.

Di kuarter pertama, misalnya, Pistons lebih dulu tancap gas meski Cavaliers pun cukup baik di kuarter selanjutnya. Hanya saja, masalahnya ada di paruh waktu kedua, Pistons berhasil memanfaatkan momentum untuk unggul, sementara tim tamu gagal memanfaatkan ketidakhadiran pemain pilar lawan.

Secara statistik, sebenarnya kedua tim tidak berbeda jauh. Hanya saja Pistons memimpin persentase filed goal dengan tingkat kesuksesan 52,7 persen. Pertahanan Cavaliers yang longgar menjadi celah bagi mereka untuk mendulang angka dari berbagai sisi. Pistons pun menang 125-114.

Selanjutnya, Pistons akan kembali bermain di kandang ketika menghadapi Memphis Grizzlies lusa. Sementara itu, Cavaliers akan pulang untuk menjamu Miami Heat. LeBron James dan Dwyane Wade akan melawan bekas timnya esok hari.     

Foto: USA Today

Komentar