IBL

Bursa transfer NBA 2018 menyuguhkan kabar mengejutkan. Los Angeles Clippers, misalnya, melakukan tukar menukar pemain yang tak disangka-sangka. Tim asuhan Kepala Pelatih Doc Rivers itu mengirim pemain All-Star Blake Griffin dan dua koleganya, Willie Reed dan Brice Johnson, ke Detroit Pistons.

Kepastian itu didapat setelah sumber liga mengatakan kepada Adrian Wojnarowski, jurnalis senior ESPN. Menurut laporannya, Clippers menukar Griffin dengan Avery Bradley, Tobias Harris, Boban Marjanovic, dan hak pilih NBA Draft. Jika sesuai rencana, tim asal Los Angeles itu akan mendapatkan hak pilih Pistons di ronde pertama pada 2018 dan ronde kedua di 2019.

Griffin sendiri telah membela Clippers sejak 2009. Tim itu memilihnya di urutan pertama NBA Draft, tetapi sayangnya ia tidak langsung bisa bermain. Griffin mengalami cedera tempurung lutut kiri yang memaksanya menepi satu musim. Ia baru bisa tampil di musim berikutnya.

Pada 2010-2011, Griffin tampil gemilang di musim debutnya. Ia sukses terpilih sebagai All-Star, memenangkan Kontes Slam Dunk, dan meraih gelar Rookie of the Year. Namun, sayangnya karirnya ternodai berbagai cedera di musim-musim selanjutnya. Ia bahkan kehilangan 47 laga di 2016 dan 21 laga di 2017.

Kendati demikian, Griffin menjadi salah satu pilar yang membuat Clippers bisa bertahan di kompetisi yang keras ini. Musim ini saja ia rata-rata mencetak 22,6 poin, 7,9 rebound, dan 5,4 asis dalam 33 laga. Raihan itu membuat drama tukar menukar ini menjadi kabar mengejutkan.     

Selain Griffin, Clippers juga rupanya tengah mendiskusikan kemungkinan transfer Lou Williams dan DeAndre Jordan. Mereka berencana untuk merombak ulang tim dan mengisi dengan pemain-pemain muda.

Foto: USA Today

Komentar