IBL

NBA awal minggu ini mempertemukan Houston Rockets dengan Miami Heat. Pada kesempatan itu, Rockets menang 99-90 di Toyota Center, Houston, Texas, Selasa 23 Januari 2018. Rockets berhasil memenangkan laga lantaran berhasil memanfaatkan ketidakhadiran pemain pilar lawan. Goran Dragic dan Dion Waiters harus menepi akibat cedera. Tyler Johnson juga mengalami hal serupa.

Kendati demikian, laga tetap berlangsung kompetitif. James Harden keluar sebagai pencetak angka terbanyak dengan 28 poin. Chris Paul dan Eric Gordon masing-masing 16 poin. Sementara itu, Clint Capela menyumbang 14 poin dan 8 rebound.

Di kubu Heat, Hassan Whiteside mengumpulkan double-double 22 poin 13 rebound. Wayne Ellington 13 poin, Josh Richardson 12 poin. Kelly Olynyk dan James Johnson masing-masing 10 poin.

Di kuarter pertama, Heat bermain cukup baik. Mereka cenderung mengandalkan Whiteside yang bermain di sekitar area bawah ring sampai ke perimeter. Capela, center Rockets, tampak kesulitan menjaganya. Heat pun memimpin 33-25.

Kuarter berikutnya, giliran Rockets memberi perlawanan. Permainan kolektif mereka cukup membuat pertahanan lawan kalang kabut. Di sisa tiga menit, Harden melantun bola, memimpin serangan melewati tengah lapangan dan mengoper ke Ryan Anderson. Power forward Rockets itu pun menembak dari jarak jauh dan membuat skor imbang 44-44 di.

 Di sisa waktu kuarter dua itu, Rockets berusaha untuk mengungguli lawan. Akan tetapi, tim tamu ternyata punya cara sendiri untuk menjaga asa. Mereka pun menampilkan permainan koletif yang membuat timnya tetap memimpin 50-46.

Masuk ke kuarter tiga, Harden kembali tampil baik. Ia beberapa kali berhasil menyamakan kedudukan dan membuat laga menjadi semakin ketat. Ia baru bisa membawa timnya unggul setelah memasukkan tripoin di menit sisa 4 menit 30 detik. Namun sayang, lawan ternyata cukup tangguh untuk mengambil alih kepemimpinan kembali. Sejak itu kedua tim bergantian memimpin, meski Rockets berhasil menutup kuarter ini dengan keunggulan 71-68.   

Kuarter akhir semakin panas setelah Heat mengambil kembali keunggulan. Kedua tim tampak tak mau mengalah. Heat, misalnya, meski tampil tanpa Dragic-Waiters ternyata masih bisa menekan. Sayangnya, mereka terpeleset di detik akhir. Duo guard Rockets, Harden dan Paul melepaskan tembakan krusial yang membuat tuan rumah di atas angin. Mereka pun berhasil memenangkan laga dengan skor 99-90.

Dengan demikian, Rockets pun berhasil mengemas satu kemenangan di kandang. Selanjutnya, mereka bakal melawat ke kandang Dallas Mavericks guna melakoni derby Texas. Sementara itu, Heat akan pulang ke Miami untuk menyambut Sacramento Kings.

Foto: AFP

Komentar