IBL

Dallas Mavericks lolos ke Final Wilayah Barat, Sabtu, (18/5), waktu setempat. Lewat pertandingan ketat nan dramatis, Mavericks menang 117-116 dari Oklahoma City Thunder di Gim 6 yang digelar di Dallas. Ini jadi Final Wilayah kedua Mavericks dalam tiga musim. Menariknya, musim lalu mereka tak lolos ke Playoff.

Mavericks lebih banyak tertinggal di gim ini. Keunggulan pertama mereka baru terjadi di kuarter dua yang lantas diikuti dengan kelengahan membuat Thunder unggul 17 poin. Mavericks perlahan menangkas ketinggalan mereka. Terutama setelah Lu Dort, penjaga utama Luka Doncic terkena lima foul di kuarter tiga, Mavericks mulai menemukan keleluasaan dalam menyerang. 

Mavericks akhirnya mendapatkan keunggulan kedua mereka saat gim tersisa tiga menit lewat tembakan jarak menengah Doncic. Aksi saling kejar terjadi setelahnya. Thunder unggul satu poin di sisa 20 detik lewat dunk Chet Holmgren. 

Dalam sisa waktu yang ada, Doncic membawa bola seorang diri sebelum memutuskan memberi umpan kepada P.J. Washington di sudut tripoin dan dilanggar oleh Shai Gilgeous-Alexander. Dua tembakan pertama PJ masuk dan ia sengaja meleset di tembakan terakhir untuk memastikan kemenangan Mavericks. 

Doncic tripel-dobel 29 poin, 10 rebound, 10 asis. Kyrie Irving dan Derrick Jones Jr. masing-masing 22 poin. Ketiganya memasukkan masing-masing empat tripoin. sedangkan Dereck Lively dobel-dobel 12 poin plus 15 rebound. PJ membukukan 9 poin dari 2/6 tembakan. Seluruh poin ini tercipta di kuarter empat. Daniel Gafford menutup daftar dengan 10 poin plus 7 rebound selama 18 menit bermain. 

Upaya Thunder memaksa Gim 7 dipimpin oleh Shai Gilgeous-Alexander dengan 36 poin dan 8 asis. Shai memasukkan 14/25 tembakan, termasuk 4/5 tripoin. Jalen Williams masih setia mendampingi dengan 22 poin, 9 rebound, 8 asis. Chet Holmgren 21 poin sedangkan Lu Dort dan Isaiah Joe masing-masing 11 poin. 

Mavericks akan menunggu pemenang antara Denver Nuggets melawan Minnesota Timberwolves di Gim 7 esok hari. Siapapun pemenang seri ini akan mendapatkan keuntungan laga kandang melawan Mavericks. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar