IBL

Oklahoma City Thunder tampil perkasa di Gim 1 Semifinal Wilayah Barat, Senin (7/5), waktu setempat. Menghadapi Dallas Mavericks di Paycom Center, Thunder menang meyakinkan 117-95. Setelah menyapu bersih New Orleans Pelicans di ronde pertama, kemenangan ini membuat Thunder melaju dengan lima kemenangan beruntun. Jika dihitung sejak musim reguler, maka Thunder tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya. 

Kedua tim hanya sempat imbang di paruh pertama. Kekuatan pertahanan Thunder ditambah dominasi rebound membuat Mavericks pun kesulitan mengejar. Thunder memaksa Mavericks membuat 15 turnover dan berhasil unggul 52-39 dalam rebound. Termasuk di dalamnya adalah 16 offensive rebound yang berujung 25 second chance points. 

Trio poros muda Thunder menunjukkan dominasi mereka. Shai Gilgeous-Alexander 29 poin, 9 rebound, dan 9 asis. Chet Holmgren 19 poin, 7 rebound, 2 steal, dan 3 blok. Chet adalah ruki pertama dalam sejarah dengan catatan sedemikian rupa. Jalen Williams menyusul melalui 18 poin, 5 rebound, plus 5 asis. Sebanyak 10 dari keseluruhan poin Williams datang di kuarter empat. 

Aaron Wiggins memulai laga dari bangku cadangan. Namun, kebutuhan akan bermain bertahan bagi Thunder membuatnya bermain 22 menit, lebih banyak dari starter, Josh Giddey (16). Wiggins menyumbang 16 poin dan 5 rebound. Pemain keturunan Vietnam, Jaylin Williams melengkapi daftar dengan 11 poin plus 9 rebound. 

Duo Mavericks, Luka Doncic dan Kyrie Irving hanya mengombinasikan 39 poin hari ini. Doncic 19 poin, 6 rebound, 9 asis dari 6/19 tembakan sedangkan Irving 20 poin dair 7/14 tembakan. Keduanya juga mengombinasikan 9 dari 15 turnover Mavericks. 

Bantuan terbesar keduanya datang dari Daniel Gafford melalui dobel-dobel 16 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Josh Green menambahkan 11 poin dari bangku cadangan sedangkan P.J. Washington membukukan 10 poin dan 6 rebound selama 25 menit. 

Bagi Mavericks, ini adalah kekalahan Gim 1 yang kelima berturut-turut. Artinya, dalam lima seri Playoff terakhir, Mavericks selalu kalah di gim pembuka. Menariknya , dalam empat seri sebelumnya, Mavericks selalu keluar sebagai pemenang seri. Gim 2 akan dimainkan lusa, masih di Oklahoma City. (DRMK)

Foto: NBA/ Getty Images 

Komentar