IBL

Oklahoma City Thunder melakoni laga ke-46 dengan bertandang ke Quciken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Minggu 21 Januari 2018. Pertandingan yang diprediksi sengit ini berjalan sepihak setelah Thunder tampil baik dan menutup laga dengan 148-124.

Empat dari lima pemain utama Thunder tampil trengginas. Sang kapten, Russell Westbrook, tampil apik dengan 23 poin, 20 asis, dan 9 rebound. Paul George keluar sebagai top skor di pertandingan ini dengan 36 poin plus 7 rebound. Duet Carmelo Anthony dan Steven Adams sama-sama membukukan double-double di pertandingan pagi ini. Anthony mencetak 29 poin dan 9 rebound sementara Adams 25 poin dan 10 rebound. Satu-satunya starter yang tidak mencetak dua digit angka hanya Andre Roberson. Pemain yang terkenal memilki pertahanan bagus ini sedikitnya mencetak 8 poin dan 6 rebound.

Para penggemar LeBron James memulai laga ini dengan harapan agar sang pemain meraih total 30.000 poin hari ini. Ia hanya butuh 25 poin untuk menjadi pemain ketujuh yang mampu masuk ke jajaran 30.000 poin tersebut. Sayangnya, James tertahan nyaris sepanjang laga karena pengawalan George. Ia mengakhiri laga dengan 18 poin dan 7 asis. Isaiah Thomas mencatatkan 24 poin yang merupakan catatan tertingginya musim ini. Dari bangku cadangan, trio Jeff Green, Derrick Rose, dan Dwyane Wade mencetak masing-masing 12, 12, dan 11 poin yang sayangnya masih gagal membuat Cavs terhindar dari kekalahan. Kekalahan Cavs salah satunya disebabkan karena gagalnya Kevin Love tampil penuh pagi ini. ia hanya turun berlaga selama tiga menit sebelum digantikan Tristan Thompson. Love tidak cedera, ia hanya mengalami masalah pada kesehatannya.

Secara keseluruhan Thunder tampil luar biasa pagi ini. Mereka unggul nyaris di semua statistik pagi ini. Persentase tembakan keseluruhan mereka mencapai 58 persen berbanding 52 persen milik Cavaliers. Akurasi tembakan tiga angka mereka juga mencapai 47 persen sementara tuan rumah tertahan di 27 persen. Rebound menjadi penyebab utama mengapa Thunder bisa unggul jauh. Mereka mendapatkan 52 rebound dan menahan Cavaliers hanya 28. Hal ini juga membuat Thunder mendapatkan 100 kali kesempatan menembak sementara Cavaliers 11 kesempatan di bawah itu.

Thunder sudah tampak panas setelah mencetak 43 poin hanya di kuarter pertama saja. Itu adalah raihan poin tertinggi di kuarter pertama mereka musim ini. Sekiranya 22 dari 43 poin datang dari area dekat ring yang semakin menunjukkan betapa bobroknya pertahanan Cavaliers. Meski mampu mengalahkan Thunder 36-33 di kuarter kedua, Cavs masih tertinggal 60-76 memasuki jeda turun minum.

Memasuki paruh kedua, Thunder semakin tak terbendung. Kedua tim bermain sama terbukanya dengan pertahanan yang tak terlalu ketat. Tim tamu leluasa mencetak 38 poin sementara sang tuan rumah tertahan di 34 poin. Selisih kedua tim terbuka menjadi 20 poin saat bel akhir kuarter tiga dibunyikan, Thunder unggul 114-94. Kepala pelatih Thunder, Billy Donovan, memutuskan untuk mengistirahatkan Anthony dan George di kuarter empat dengan selisih poin tersebut. Meski begitu, Thunder masih mengungguli perolehan angka kuarter empat dengan mencetak 34 poin berbanding 30 yang dicetak Cavaliers. Thunder menang 148-124.

“Aku pikir aku tak pernah membiarkan lawanku mencetak 148 poin dalam sebuah pertandingan. Bahkan tidak dalam video games, Thunder mendapatkan semua yang mereka mau di pertandingan ini, dan mereka tampil sangat solid,” ujar LeBron James kepada media seusai pertandingan.

Kekalahan ini membuat Cavaliers menderita 9 kekalahan di 12 pertandingan terakhir mereka. Selanjutnya pasukan Kepala Pelatih Tyronn Lue ini akan melakoni laga tandang ke markas San Antonio Spurs. Sementara itu, Thunder akan kembali ke kandang mereka untuk menjamu Brooklyn Nets hari Rabu depan.

Foto: USA Today

Komentar