IBL

Sudah tiga penghargaan individu NBA 2023-2024 dimenangkan oleh pemain Eropa. Rudy Gobert dan Victor Wembanyama dari Prancis mendapatkan gelar Defensive Player of The Year (DPOY) dan Rookie of The Year (ROTY). Kemudian Nikola Jokic asal Serbia memperoleh gelar MVP untuk ketiga kalinya dalam empat musim terakhir. Ketiganya menambah panjang deretan pemain Eropa yang pernah memenangkan penghargaan individu NBA. 

Foto: Hoopshype

Dimulai dari MVP NBA. Dirk Nowitzki berhasil membuat sejarah sebagai pemain Eropa pertama yang meraih gelar MVP di NBA pada tahun 2007. Kemudian, setelah 12 tahun, ada Giannis Antetokounmpo yang memenangkan MVP. Pemain berkebangsaan Yunani tersebut menjadi MVP di tahun 2019 dan 2020. Setelah itu, Nikola Jokic juga membuat sejarah sebagai pemain Eropa dengan tiga gelar MVP NBA, yaitu di tahun 2021, 2022, dan 2024. 

Untuk penghargaan Rookie of the Year, ada Pau Gasol asal Spanyol yang pernah mencuri gelar tersebut dari puluhan pemain pemula NBA tahun 2002. Dialah orang Eropa pertama yang memenangkan ROTY di NBA sepanjang sejarah liga. Setelah menanti selama 17 tahun, ada Luka Doncic yang terpilih sebagai ROTY. Pemain asal Slovenia tersebut memenangkan gelar tersebut di tahun 2019. Tahun ini, bintang muda Prancis, Victor Wembanyama dinobatkan sebagai pemain debutan terbaik di NBA. 

Foto: Fadeaway World

Melangkah ke Defensive Player of the Year (DPOY). Kali ini daftarnya mungkin tidak banyak, tapi secara tahun pemain Eropa cukup menguasai gelar ini. Pemain Eropa pertama yang memenangkan DPOY di NBA adalah Marc Gasol. Pemain Spanyol, yang juga adik dari Pau Gasol tersebut menjadi DPOY di NBA pada tahun 2013. Mengikuti Marc Gasol, ada Joakim Noah asal Prancis yang memenangkan gelar tersebut di tahun 2014. 

Tahun 2018 dan 2019, ada Rudy Gobert yang memenangkan gelar DPOY. Namun tak hanya itu saja, Rudy Gobert mengulangnya hingga empat kali. Pemain Prancis tersebut juga mendapatkan gelar DPOY di tahun 2021 dan 2024. Nama lain yang ada dalam daftar ini adalah bintang Milwaukee Bucks dari Yunani, Giannis Antetokounmpo yang menjadi DPOY di tahun 2020. 

Foto: NBC4 Washington

Ternyata pemain-pemain Eropa juga pernah meraih gelar Most Improved Player of The Year (MIP) di NBA. Pemain Eropa pertama sebagai MIP NBA adalah Gheorghe Muresan asal Rumania di tahun 1996. Setelah menunggu hampir satu dekade, ada Boris Diaw asal Prancis yang mendapatkan gelar tersebut di tahun 2006. Disusul pemain Turki bernama Hedo Turkoglu di tahun 2008. 

Pada tahun 2014, Goran Dragic dari Slovenia meraih gelar MIP NBA di tahun 2014. Lalu ada Giannis Antetokoumpo yang memenangkan gelar tersebut di tahun 2017. Deretan pemain Eropa untuk penghargaan ini ditutup oleh Lauri Markkanen. Pemain asal Finlandia tersebut menjadi MIP NBA tahun 2023. 

Foto: USA Today

Untuk gelar yang satu ini terbilang langka. Karena di era tahun 2000-an, tidak ada pemain Eropa yang memenangkannya. Gelar tersebut adalah Sixth-Man of the Year. Detlef Schrempf menjadi orang non-Amerika pertama yang memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 1991 bersama Indiana Pacers, dan mengulangi prestasi tersebut setahun kemudian. Jadi pemain asal Jerman menjadi Sixt-Man of the Year NBA dua tahun berturut-turut (1991-1992), sekaligus menjadi pemain Eropa pertama yang memenangkan gelar individu di NBA. Mengikuti jejak Shrempf, ada Toni Kukoc yang mendapatkan penghargaan tersebut pada tahun 1996. Sejak pemain Yugoslavia ini, tidak ada pemain Eropa yang mendapatkan penghargaan pemain keenam terbaik di NBA sampai sekarang. 

Foto: Pounding The Rock

Terakhir ada MVP Final NBA, di mana ada empat pemain Eropa yang memperoleh gelar tersebut. Dimulai dari Tony Parker, pemain asal Prancis yang menjadi orang Eropa pertama dalam deretan peraih MVP Final NBA. Dia mendapatkannya pada tahun 2007 saat memimpin San Antonio Spurs meraih gelar juara NBA ketiga. 

Pada tahun 2011, Dallas Mavericks meraih gelar juara pertamanya. Di babak final, Dirk Nowitzki asal Jerman menjadi bintangnya, dan dinobatkan sebagai MVP Final NBA. Kemudian pemain Eropa ketiga dengan gelar MVP Final NBA adalah Giannis Antetokounmpo. Pemain Yunani tersebut sukses mempersembahkan gelar juara NBA untuk Milwaukee Bucks setelah 50 tahun pada tahun 2021. Terakhir, tentu saja yang terbaru adalah Nikola Jokic. Pemain Serbia yang mengukir sejarah sebagai MVP Final NBA 2023, dan membawa Denver Nuggets menjadi juara. 

Mengingat kualitas pemain-pemain Eropa di NBA, maka kemungkinan besar daftar ini akan terus bertambah di masa depan. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar