IBL

NBA resmi merilis finalis atau nominasi peraih penghargaan individu. Mulai dari Most Valuable Player, Defensive Player of the Year, Rookie of the Year, Most Improved Player, Sixth Man of the Year and Coach of the Year. Pedoman yang dipakai adalah catatan statistik musim reguler sebelum hiatus NBA, tidak termasuk seeding games atau delapan laga lanjutan NBA sebelum playoff.

Baca Juga: Perburuan Gelar Individu NBA Sudah Berakhir

Most Valubale Player

Nominasi untuk pemain terbaik musim ini ada Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks), James Harden (Houston Rockets), dan LeBron James (Los Angeles Lakers).

Giannis menjadi favorit peraih MVP musim ini, atau dengan kata lain, dirinya bisa mendapatkan gelar yang sama dua musim berturut-turut. Namun kali ini, Harden dan James juga punya peluang yang besar. Sebab mereka berdua benar-benar memikul tanggung jawab besar musim ini.

Defensive Player of the Year

Tiga pemain bertahan terbaik di liga saat ini adalah Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks), Anthony Davis (Los Angeles Lakers), dan Rudy Gobert (Utah Jazz).

Giannis musim ini berpeluang menyamai pencapaian Michael Jordan dan Hakeem Olajuwon, yaitu pemain yang pernah memenangkan MVP dan DPOY di musim yang sama. Sementara, Davis dan Gobert juga layak untuk penghargaan tersebut. Mengingat, dua pemain tinggi ini punya peran penting di pertahanan tim masing-masing.

Rookie of the Year

Persaingan untuk penghargaan ini sangat ketat. Kali ini melibatkan Ja Morant (Memphis Grizzlies), Kendrick Nunn (Miami Heat), dan Zion Williamson (New Orleans Pelicans).

Morant tampak lebih kuat dibandingkan Williamson untuk penghargaan ini. Tetapi penampilan ruki Pelicans itu juga sangat bagus di lapangan. Salah satu pembedanya hanya jumlah pertandingan saja. Sebagai kompetitor, Kendrick Nunn juga bisa mencuri perhatian penggemar NBA musim ini.

Most Improved Player

Inilah persaingan para bintang muda. Ada Bam Adebayo dari Miami Heat, Luka Doncic milik Dallas Mavericks, dan Brandon Ingram dari New Orleans Pelicans.

Ingram punya peluang besar meraih penghargaan tersebut, ini karena dirinya ingin menunjukkan kehebatannya. Mengingat musim depan, Ingram menjadi pemain bebas agen. Tetapi penggemar NBA tahu bahwa Doncic berkembang dan sukses membuat Mavericks menjadi salah satu tim favorit juara. Sementara Adebayo juga mengalami lompatan penampilan yang luar biasa musim ini. Dua musim pertamanya, Adebayo bukan siapa-siapa. Tetapi di musim ketiganya, dia menjadi pemain NBA All-Star.

Namun ada dua pemain yang harus tersingkir dari nominasi. Mereka adalah Devonte' Graham dari Charlotte Hornets, dan garda Atlanta Hawks Trae Young. Ternyata penampilan mereka belum cukup untuk ada di nominasi tiga besar.

Sixth Man of the Year

Persaingan tahun ini melibatkan Montrezl Harrell (LA Clippers), Dennis Schroder (Oklahoma City Thunder), dan Lou Williams (LA Clippers).

Harrell punya penampilan bagus musim ini dan menuai banyak pujian. Tetapi Schroder memimpin perolehan poin per gim untuk kategori pemain cadangan. Pemain Jerman ini juga punya peran besar dalam tim yang bisa memengaruhi hasil pemungutan suara. Sementara itu, Lou Williams masih ada di tiga terbaik peraih penghargaan Sixth Man. Meski bukan pilihan terbaik, tapi Williams setidaknya menjadi cadangan utama di tim asuhan Doc Rivers.

Coach of the Year

Tiga kepala pelatih terbaik yang masuk nominasi tahun ini adalah Mike Budenholzer (Milwaukee Bucks), Billi Donovan (Oklahoma City Thunder), dan Nick Nurse (Toronto Raptors).

Nurse dan Budenholzer tampaknya calon terkuat peraih penghargaan ini. Tetapi Nurse mungkin punya nilai tambah yang lebih menarik. Dia berhasil membuat Raptors tetap berkibar tanpa Kawhi Leonard dan Danny Green, serta di tengah badai cedera. Kreatifitas defense Nurse juga sangat mengesankan. (tor)

Foto: NBA

Komentar