IBL

Penghargaan individu NBA menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Penghargaan ini menjadi bukti siapa yang terbaik dalam hal kontribusi kepada tim maupun capaian individu hingga rekor yang diciptakan. Pada Jumat (14/4) waktu setempat, NBA mengumumkan tiga finalis dari masing-masing tujuh kategori penghargaan individu musim ini.

Baca juga: Jokic, Embiid, Giannis, Bersaing sebagai Finalis MVP untuk Kedua Kalinya

Pemenangan diumumkan secara bertahap selama babak playoff. NBA akan merilis jadwal pengumuman pemenang pada Senin (17/4). Sebanyak tiga finalis dari masing-masing kategori berdasarkan pemungutan suara dari panel NBA yang terdiri dari jurnalis dan penyiar olahraga. Selain juga juga ada pemilihan untuk tim All-NBa, All-Defensem dan All-Rookie.

Salah satu yang paling dinanti adalah pemilihan Most Valuable Player (MVP). Musim ini Nikola Jokic, Joel Embiid, dan Giannis Antetokounmpo bersaing menjadi yang terbaik di liga. Finalis MVP ini sama persis dengan musim lalu. Persamaannya ketiga pemain tersebut sama-sama dari luar Amerika Serikat (meski Embiid juga mendapat status warga negara AS tahun lalu). Bedanya dalam nominasi ini, hanya Embiid yang belum merasakan menjadi MVP. Sementara dua kandidat lain sudah dua kali beruntun meraih MVP.

Selain itu juga Coach of the Year atau pelatih terbaik. Mike Brown banyak diprediksi akan meraih penghargaan ini. Tak lepas dari keberhasilannya mengantar Sacramento Kings lolos ke playoff setelah 16 tahun. Selain itu catatan Joe Mazzulla juga menarik. Pada awal musim ia ditunjuk sebagai pelatih pengganti Ime Udoka. Seiring capaian Boston Celtics menjadi yang terbaik di Wilayah Timur, Mazzulla menjadi pelatih tetap. Mark Daigneault pun tidak kalah hebat. Ia nyaris membawa Oklahoma City Thunder lolos playoff dengan rata-rata pemain termuda di liga.

Kemudian ada kategori baru yaitu Clutch Player of the Year. Ini merupakan kategori penghargaan untuk pemain yang memiliki performa bagus saat masa genting. Garda Sacramento Kings De’Aron Fox menjadi kandidat kuat pemenang pertama kategori ini. Ia membantu Kings mengamankan unggulan ketiga Wilayah Barat. Ia bersaing dengan Jimmy Butler yang membawa Miami Heat lolos sebagai unggulan kedelapan. Serta DeMar DeRozan dari Chicago Bulls. (rag)

 

Most Valuable Player (MVP)

Giannis Antetokounmpo, Milwaukee Bucks

Joel Embiid, Philadelphia 76ers

Nikola Jokic, Denver Nuggets

 

Defensive Player of the Year

Jaren Jackson Jr., Memphis Grizzlies

Brook Lopez, Milwaukee Bucks

Evan Mobley, Cleveland Cavaliers

 

Most Improved Player

Jalen Brunson, New York Knicks

Shai Gilgeous-Alexander, Oklahoma City Thunder

Lauri Markkanen, Utah Jazz

 

Rookie of the Year

Paolo Banchero, Orlando Magic

Walker Kessler, Utah Jazz

Jalen Williams, Oklahoma City Thunder

 

Sixth Man of the Year

Malcolm Brogdon, Boston Celtics

Bobby Portis, Milwaukee Bucks

Immanuel Quickley, New York Knicks

 

Clutch Player of the Year

Jimmy Butler, Miami Heat

DeMar DeRozan, Chicago Bulls

De’Aaron Fox, Sacramento Kings

 

Coach of the Year

Mike Brown, Sacramento Kings

Mark Daigneault, Oklahoma City Thunder

Joe Mazzulla, Boston Celtics

 

Foto: NBA

Komentar