IBL

Untuk kedua kalinya selama dua musim beruntun, Nikola Jokic, Joel Embiid, dan Giannis Antetokounmpo masuk sebagai finalis Most Valuable Player (MVP). Pada Jumat (14/4) waktu setempat, NBA telah mengumumkan finalis untuk tujuh kategori penghargaan individual musim ini. Nantinya mereka akan dipilih oleh panel NBA yang berisi jurnalis dan penyiar yang memiliki reputasi di liga.

Selama empat tahun terakhir, MVP diraih oleh pemain Eropa. Jokic, yang berasal dari Serbia, memenangkan persaingan dua musim terakhir. Pada dua musim sebelum itu, pemain terbaik diraih oleh Giannis yang merupakan warga negara Yunani. Embiid sendiri berasal dari Kamerun. Tetapi ia dinaturalisasi oleh Prancis dan juga mendapat status sebagai warga negara Amerika Serikat dalam waktu hampir bersamaan.

Kini Jokic berpeluang menjadi MVP ketiga kalinya. Dari klasemen MVP pekan terbaru, Jokic menggeser posisi Embiid. Jika meraih MVP ketiganya, dia akan menjadi pemain keempat NBA yang memenangkan MVP tiga kali beruntun dan bersanding dengan Larry Bird, Wilt Chamberlain, dan Bill Russell.

Embiid menempati posisi kedua. Ini merupakan kedua kalinya Embiid ditetapkan sebagai finalis MVP. Namun, selalu kalah oleh Jokic. Akankah Embiid meraih MVP pertamanya musim ini? Banyak yang memprediksi Embiid akan mendapatkan gelar itu. Selain “lelah” dengan kemenangan Jokic dan Giannis, performa Embiid mamang layak. Pemain Philadelphia 76ers itu merupakan pencetak skor terbanyak liga pada dua musim terakhir.

Sementara itu Giannis tetap masuk dalam persaingan. Ia berhasil membawa Milwaukee Bucks menjadi unggulan pertama Wilayah Timur dan mencapai rekor terbaik di liga dengan 58-24. Tetapi prediksi Giannis sebagai MVP memang kalah unggul dengan persaingan Jokic atau Embiid.

Para pemenang setiap penghargaan akan diumumkan selama babak playoff. NBA akan membagikan jadwal pengumuman pemenang pada Senin (17/4) mendatang. Selain finalis MVP, enam kategori lain adalah Defensive Player of the Year, Most Improved Player, Rookie of the Year, Sixt Man of the Year, Clutch Player of the Year, dan Coach of the Year. (rag)

Foto: Forbes, 6ABC, Sporting News

Komentar