IBL

Jason Kidd akan tetap menjadi pelatih kepala Dallas Mavericks di masa mendatang. Mavericks telah mengumumkan bahwa Kidd menandatangani perpanjangan kontrak multi-tahun. Saat ini, belum ada rincian lebih lanjut. Tentu saja kabar ini membuat manajemen Los Angeles Lakers mengalihkan perhatian. Sebab, Kidd diisukan sebagai salah satu kandidat pengganti Darvin Ham. 

"Kami sangat senang Pelatih Kidd terus memimpin tim kami sepanjang tahun-tahun mendatang dengan perpanjangan kontrak yang layak ini," kata Gubernur Dallas Mavericks Patrick Dumont. "Kidd memimpin tim kami ke dua penampilan playoff dalam tiga musim, dan kami menantikan kepemimpinannya dalam terus membangun dan mengembangkan franchise yang sudah hebat ini."

Kidd berada di musim ketiganya sebagai kepala pelatih Mavericks, dengan tim mencatat lebih dari 50 kemenangan dalam dua dari tiga musim kepemimpinannya (52 pada 2021-2022, dan 50 pada 2023-24) dan memenangkan gelar Divisi Barat Daya pada musim ini. 

Selain itu, selama masa jabatannya, Mavericks memenangkan seri playoff dalam dua dari tiga musim pertamanya sebagai kepala pelatih, dan melaju ke Final Wilayah Barat pada tahun 2022.

"Saya sudah mengenal Jason sejak lama, dan saya tidak bisa memikirkan kandidat yang lebih baik dan lebih berkualitas untuk memimpin tim ini ke depan," kata General Manager Nico Harrison. "Sebagai mantan pemain NBA Champion Hall of Fame, Jason membawa segudang pengalaman dan keahlian dalam peran ini yang tidak dapat ditiru. Dia telah mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari para pemain kami dan banyak orang di liga, dan saya berharap dapat bekerja bersamanya saat kami terus membangun budaya dan fondasi kesuksesan yang telah dia bantu bina selama masa jabatannya sebagai pelatih kepala."

Perpanjangan kontrak Jason Kidd merupakan hadiah atas kerja kerasnya tahun ini, dan dianggap sebagai salah satu cara untuk menangkis minat Los Angeles Lakers, yang dikabarkan tertarik dengan jasanya.

Dallas mengakuisisi Kyrie Irving dari Brooklyn Nets musim lalu dalam perdagangan blockbuster untuk menambah superstar lain di samping Luka Doncic, tetapi hal-hal pada awalnya tidak berjalan sesuai harapan tim. Mavs gagal lolos ke babak playoff pada tahun 2023, tetapi mereka bangkit kembali dengan pesat tahun ini.

Pada babak playoff 2024, Mavericks mengalahkan Los Angeles Clippers pada seri Putaran 1 dan akan menghadapi Oklahoma City Thunder pada seri semifinal Wilayah Barat.

Darvin Ham telah dipecat sebagai pelatih Lakers , sebagian karena para pemain tidak menerima penyesuaian dan metode pengajarannya, sebagian sebagai kambing hitam untuk menutupi beberapa keputusan susunan pemain yang buruk dalam beberapa tahun terakhir. Rumornya, Lakers berminat untuk merekrut Tyronn Lue (LA Clippers) atau Jason Kidd. Tapi setidaknya dengan munculnya kabar dari Lue yang ingin tetap di Clippers, dan perpanjangan kontrak Jason Kidd, maka kemungkinannya sangat kecil untuk Lakers. 

Baca juga: Dikaitkan dengan Lakers, Tyronn Lue Justru Ingin Tetap Bersama Clippers

Dikutip dari NBC Sports, kesamaan yang dimiliki Lue dan Kidd adalah ikatannya dengan LeBron James. Lakers sangat ingin mempertahankan LeBron, sehingga mencari sosok pelatih yang bisa menarik perhatian bintang NBA 39 tahun tersebut. Nama lain yang disebutkan sebagai calon pelatih Lakers termasuk mantan pelatih kepala NBA Mike Budenholzer, yang memenangkan kejuaraan bersama Milwaukee Bucks. (*)

Foto: nba.com

Komentar