IBL

Penonton tidak akan menyadari bahwa Luka Doncic tengah cedera. Sebelum Gim 5 di Los Angeles, Rabu (1/5) waktu Amerika Serikat, Doncic diperkirakan akan duduk karena cedera lutut. Tapi dia tetap bermain dan mencetak 35 poin, 10 asis, serta 7 rebound untuk memimpin Dallas Mavericks menang 123-93 atas LA Clippers. Mavs sekarang unggul 3-2 di seri playoff putaran pertama. 

Doncic menyumbang 14 poin pada kuarter ketiga saat Mavs memperbesar keunggulannya menjadi 25 sebelum mengambil keunggulan 89-69 pada kuarter keempat. Dia memasukkan 14 dari 26 tembakannya di sepanjang pertandingan. Ini adalah kelima kalinya dalam karier playoff-nya, Doncic tampil dengan setidaknya 30 poin dan 10 asis dalam satu pertandinga. 

Doncic juga menyamai Michael Jordan untuk permainan 20 poin atau lebih berturut-turut dalam perjalanan untuk memulai karier playoff NBA. Doncic telah melakukannya dalam 15 pertandingan berturut-turut.

Setelah pertandingan, Kyrie Irving memuji performa rekan setimnya tersebut. Khususnya dalam hal ketahanan fisik, di mana Doncic sempat dirawat intensif dan tidak bermain di kuarter keempat pada Gim 3. 

"Saya selalu berbicara tentang ketahanannya," kata Irving tentang Doncic kepada ESPN. "Dia belum merasa seratus persen, tapi dia masih akan tampil dan bermain bagus. Bagi saya sebagai rekan setim, saya menikmatinya. Saya menikmati berada di dekat seseorang yang akan mendorong diri mereka sendiri tetapi juga menjadi cerdas dan tetap memberikan dampak pada permainan. Meskipun dia sedang tidak enak badan atau belum bisa seratus persen, dia tetap bisa memimpin tim kami dengan caranya sendiri."

Diakui Doncic, mengingat kondisinya, dia tidak akan bisa bermain di Gim 5 playoff. Tapi jika itu adalah musim reguler, mungkin Doncic akan memilih untuk berisitirahat. "Ini babak playoff," katanya setelah bermain sambil merasa tidak enak badan serta mengatasi rasa sakit di lututnya. "Saat Anda memulai pertandingan di babak playoff, itu adalah hal yang berbeda. Ada banyak adrenalin, banyak emosi. Jadi, saya harus terus maju."

Sementara itu, menurut kepala pelatih Mavs Jason Kidd, anak asuhnya hanya berusaha untuk mempertahakan apa yang mereka capai di Gim 4. Mavericks mampu meningkatkan kecepatan permainan mereka di paruh kedua Gim 4, dan mereka berusaha meneruskan kecepatan itu di Gim 5, dan sangat penting untuk kemenangan kali ini.

"Saya kira hanya sisa dari Gim 4," kata pelatih Kidd. "Dalam hal kecepatan, kami ingin bermain cepat. Karena kami memiliki Luka (Doncic) dan Kyrie (Irving) yang mencoba menemukan pemain yang tepat dalam transisi."

Jika ini adalah pertandingan kandang terakhir Clippers di crypto.com Arena (mereka pindah ke Intuit Dome yang baru pada musim depan), itu adalah kesan terakhir yang buruk. Jarak 30 poin adalah kekalahan terburuk Clippers dalam sejarah playoff.

"Kami hanya tidak bermain bagus secara keseluruhan. Secara bertahan, menyerang, kami hanya tidak memainkan permainan yang bagus, tidak apa-apa, balik halaman, mereka masih harus memenangkan empat pertandingan," kata pelatih Clippers Tyrone Lue. "Kami tahu kami bisa menang di kandang mereka, kami telah menunjukkannya dalam dua seri playoff terakhir."

Dallas Mavericks akan mengeluarkan seluruh kemampuannya di Gim 6 pada hari Jumat (3/5) waktu Amerika Serikat. Tapi kembali lagi, yang sebenarnya dibutuhkan Mavs adalah performa dominan dari Luka Doncic untuk menyingkirkan Clippers. (*)

Foto: ESPN

Komentar