IBL

Los Angeles Lakers tersingkir di ronde pertama NBA Playoff. Lakers takluk 4-1 dari Denver Nuggets. LeBron James pun berlibur. Menyusul veteran lainnya yaitu Kevin Durant yang tersingkir kemarin. Sebelumnya sudah ada Stephen Curry yang tidak lolos playoff.

Kebetulan LeBron, KD, dan Curry sama-sama bersaing di Wilayah Barat musim ini. Persainga Wilayah Barat musim ini memang sangat sengit. Ketiganya bahkan tidak masuk dalam tim unggulan lima teratas.

Ini juga menjadi pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir tidak ada salah satu dari tiga nama besar itu di ronde kedua playoff. Beberapa pihak meyakini bahwa era mereka akan segera berakhir dan berganti dengan wajah baru NBA.

Perjalanan Lebron musim ini terhenti di Gim 5 setelah Lakers tumbang 106-108 di Ball Arena, Denver. Nasib LeBron musim depan tidak ada yang tahu. Setelah kekalahan dari Nuggets itu, LeBron menolak berbicara soal masa depannya. Entah masih di Lakers atau malah gantung sepatu.

Selama 21 musim, LeBron bermain di playoff 17 kali. Ia tidak lolos playoff hanya pada dua musim pertamanya, 2019, dan 2022. Dari 17 playoff yang ia lalui, LeBron tidak pernah terhenti di ronde pertama. Musim ini menjadi pertama kalinya Sang Raja takluk di ronde pertama playoff.

Nasib KD lebih tragis. Menyusul terdepaknya Phoenix Suns kemarin, KD kembali gagal mencapai babak final selain dengan Golden State Warriors dan Oklahoma City Thunder. Dalam empat musim terakhir, KD maksimal mencapai semifinal. Masing-masing dengan Brooklyn Nets (2021) dan Suns (2023).

Pada NBA Playoff 2024, KD disapu bersih oleh Minnesota Timberwolves. Momen itu mengulang kenangannya di Nets pada 2022. KD habisi oleh Boston Celtics dan itu menjadi playoff terakhirnya di New York.

Untuk Curry, raihannya malah lebih buruk dari LeBron dan KD di musim ini. Warriors hanya memperoleh 46-36. Mereka kalah dari Sacramento Kings di Play-In Tournament. Dari sembilan playoff dalam 15 musim, Curry dan Warriors hanya pernah sekali tersingkir di ronde pertama. Itu terjadi pada 2014 saat Warriors tumbang tujuh gim dari Los Angeles Clippers.

Para veteran ini, LeBron, KD, dan Curry, mereka akan memiliki banyak waktu untuk berkumpul bersama. Sebab, ketiganya masuk dalam roster Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu pada ronde kedua atau Semifinal Wilayah Barat 2024, Timberwolves akan bentrok dengan juara bertahan Denver Nuggets. Thunder menunggu pemenang dari Clippers dan Mavericks. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar