IBL

Fred Katz dari The Athletic melaporkan bahwa bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid tidak akan diskors karena pelanggaran mencolok (flagrant-1) terhadap pemain New York Knicks, Mitchell Robinson di Gim 3. Kabar ini tidak menyenangkan bagi penggemar New York Knicks. Karena Embiid bisa bermain di Gim 4, hari Minggu (28/4) waktu Amerika Serikat. Sementara Robinson masuk daftar pemain cedera Knicks untuk Gim 4. 

Embiid menerima pelanggaran Flagrant 1 karena menjatuhkan Robinson saat ia melakukan dunk pada kuarter pertama dalam kemenangan Sixers, 125-114. Knicks menyalahkan Embiid setelah pertandingan, dengan garda Donte DiVincenzo menyebut permainan itu "kotor". Karena setelah Embiid terjatuh, dia tetap di lantai dan menarik kaki Mitchell Robinson, yang berada di udara. Penggemar Knicks meramaikan media sosial dengan menyebut Embiid dengan sengaja mencoba melukai Robinson.

Joel Embiid mengatakan dia tidak berusaha melukai Robinson melainkan berusaha melindungi dirinya sendiri. "Jelas Mitchell Robinson melompat dan mencoba mendarat, mencoba memastikan dia tidak mendarat di atas saya, karena jelas kita semua tahu sejarah yang saya miliki dengan (Jonathan) Kuminga yang mendarat di lutut saya," kata Embiid. "Jadi saya punya beberapa kilas balik, ketika dia sampai pada hal itu."

Embiid mendominasi di Gim 3, mengumpulkan 50 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Dia pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak 50 poin dalam pertandingan playoff dengan melakukan kurang dari 20 tembakan. Sebaliknya, Robinson tertatih-tatih karena pelanggaran tersebut dan hanya bermain 12 menit, menyelesaikannya dengan 2 poin dan 7 rebound. Dan, saat ini Robinson terdaftar sebagai pemain yang dipertanyakan untuk Gim 4 di Philadelphia. 

Ditambah pernyataan terbaru Fred Katz yang tidak menyenangkan bagi para penggemarKnicks. Di X, dia menulis, "Joel Embiid TIDAK akan diskors atas apa pun yang terjadi di Gim 3."

Tetapi masih ada satu ganjalan lagi. Joel Embiid masih masuk dalam daftar pemain yang dipertanyakan untuk Gim 4 Philadelphia 76ers melawan New York Knicks. Pasalnya karena MVP NBA 2023 tersebut terus merawat lutut kirinya yang bermasalah. Pemain berusia 30 tahun itu menjalani operasi meniskus pada lututnya pada bulan Februari , sebelum kembali beraksi untuk Philadelphia awal bulan ini. 

Sixers telah melaporkan Embiid dipertanyakan untuk setiap pertandingan sejauh ini melawan Knicks, tetapi dia telah bermain setiap kali, meskipun dia meninggalkan seri pembuka lebih awal setelah mendarat dengan tidak seimbang. 

Embiid juga sedang berjuang dengan kasus kecil Bell's Palsy, suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan otot-otot di satu sisi wajah secara tiba-tiba dan bersifat sementara.

"Ini cukup menjengkelkan, Anda tahu, sisi kiri wajah saya, mulut saya dan mata saya, itu sulit," kata Embiid setelah kemenangan Gim 3 pada hari Kamis. "Tetapi saya bukan orang yang mudah menyerah jadi saya harus terus berjuang, saya akan melakukan apa pun. Sangat disayangkan, itulah cara saya melihatnya, tapi itu bukan alasan, saya harus terus berusaha."

Sixers berusaha untuk menyamakan kedudukan pada seri putaran pertama. Unggulan nomor 7 di Wilayah Timur tersebut berusaha mengejar gelar juara NBA pertama mereka sejak 1983. Sixers belum pernah mencapai final sejak 2001, dan telah tersingkir di semifinal konferensi dalam lima dari enam musim terakhir. 

Knicks masih unggul di seri tersebut (2-1). Namun, pertandingan berikutnya akan dimainkan di Wells Fargo, memberikan Sixers keuntungan sebagai tuan rumah. (*)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar