IBL

Kevin Durant telah berkelana ke empat tim selama 16 tahun. Hanya dua tim yang membuat KD bersinar yaitu Oklahoma City Thunder dan Golden State Warriors. Untuk Brooklyn Nets, bahkan KD ingin melupakan kehadirannya di New York. Untuk Phoenix Suns? Mereka tidak sesuai ekspektasi di musim ini.

Dengan runtuhnya dinasti Warriors di Wilayah Barat, KD diprediksi bisa kembali berseragam Thunder. Prediksi itu berdasarkan pergerakan KD yang cenderung memilih tim yang solid yang bisa menjanjikannya gelar. Untuk saat ini, peluang itu ada pada Thunder, yang menjadi unggulan pertama NBA Playoff 2024 Wilayah Barat dan sedang memimpin 2-0 dari Pelicans di ronde pertama.

Hal itu ditambah kenangan manis KD dengan Thunder atau sebelumnya bernama Seattle Supersonics itu. KD telah mengungkapkan bahwa masa-masa terbaiknya saat bersama Thunder. Meski tidak sempat meraih gelar, setidaknya KD menjadi MVP 2014. Ditambah top skor termuda dalam usia 21 tahun pada musim 2009-2010.

Tak kunjung mendapat hal yang diinginkan bersama Thunder, KD memilih masuk sebagai agen bebas. Ia berlabuh dengan Warriors tahun 2016. Bersama Stephen Curry, Draymond Green, dan Klay Thompson, akhirnya KD mengoleksi dua cincin juara dan MVP Final NBA 2017 dan 2018.

Baca juga: Kevin Durant Mengakui Era Terbaiknya Saat Bersama Thunder

Setelah mengalami cedera ACL pada Final NBA 2019, KD tidak pernah lagi merasakan laga puncak tersebut. Ia pindah ke Brooklyn. Ternyata skenario big three dengan Kyrie Irving dan James Harden gagal.

Dengan riwayat Suns yang mencapai Final NBA 2021, KD pun meminta pertukaran ke tim tersebut pada Februari 2023. Suns memasangkannya dengan Devin Booker dan Bradley Beal. Lagi-lagi tidak berjalan seperti harapan.

Suns terhenti di semifinal Wilayah Barat setelah kalah 2-4 dari Nuggets. Musim ini juga tidak lebih baik. Mereka menyelesaikan musim reguler 2023-2024 sebagai unggulan keenam dengan 49-33. Pada NBA Playoff 2024, Suns masih tertinggal 2-0 dari Minnesota Timberwolves.

Di sisi lain, era kabangkitan Thunder mulai terlihat. Setelah delapan tahun, Thunder menjadi unggulan pertama lagi. Mereka mengulang hal yang pernah dilakukan oleh KD, Russell Westbrook, Serge Ibaka, dan Harden.

KD tidak akan menjadi agen bebas hingga 2026. Tetapi pergerakan KD tidak bisa diprediksi. Bisa saja ia tiba-tiba meminta pertukaran. Hal yang pernah dilakukan dengan Nets dua tahun lalu. (rag)Foto: Getty Images

Komentar