IBL

Kevin Durant termasuk salah satu veteran yang performanya masih konsisten. Tetapi KD sempat berpikir kariernya tamat saat mengalami cedera Achilles pada 2019. Cedera itu membuat KD harus absen selama semusim penuh.

Cedera itu terjadi saat Gim 5 Final NBA 2019. Saat itu KD berseragam Golden State Warriors. KD terjatuh saat mencoba melewati pemain Toronto Raptors Serge Ibaka di kuarter kedua. Warriors masih sempat mengamankan kemenangan 106-105 meski Raptors memimpin 3-2.

“Saat itulah saya berpikir tidak akan kembali ke Bay Area lagi. Ada 20 ribu orang di sana yang mendengar bunyi kaki saya seperti meletup. Yang terlintas dalam pikiran saya sepertinya karier bola basket saya akan runtuh,” kata KD saat berbincang dengan Boardroom.

KD hanya bermain dua menit di Final NBA 2029. Momen itu juga menjadi pertama kalinya KD bermain setelah absen 9 gim. Ia mengalami cedera betis kanan di Gim 5 Semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets.

“Seperti yang kalian lihat, saya hanya duduk sambil menatap ke arah kerumunan sebelum seseorang datang membantu saya berdiri. Saat itu saya merasa seperti karier saya sudah berakhir. Saya seperti benar-benar tidak tahu akan menjadi apa dan perasaan yang menyiksa saat tidak tahu siapa dirimu,” kata pemain berusia 35 tahun itu.

Pada Gim 5 itu, Warriors menang dramatis 106-105 atas Raptors. Tetapi momen itu menjadi terakhir kalinya KD berseragam Warriors. Tim asuhan Steve Kerr itu kemudian kalah di Gim 6. Raptors menjadi juara NBA untuk pertama kalinya.

Cedera itu pun menutup kisah KD dengan Warriors. Sayangnya, memang tidak berakhir indah karena mereka gagal meraih hattrick gelar. Pada musim berikutnya, KD bergabung dengan Nets sebagai pemain bebas transfer.

Dalam momen yang sama, KD mengungkapkan bahwa ia sempat bimbang memilih dua tim dari kota New York antara Nets dan Knicks. Agen KD, Rich Kleiman, ingin membawa ke Knicks. “Ayah saya dan dia (Kleiman) menyukai Knicks. Bibi saya juga demikian sukanya dengan Knicks,” ungkap KD.

Pada akhirnya KD bergabung dengan Nets. Ia menjadi trio Nets bersama Kyrie Irving dan James Harden. Tetapi momen 3,5 tahun KD di Nets menjadi salah satu catatan ketidaksuksesan KD. Setelah itu KD meminta ditukar dan berlabuh di Phoenix Suns. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar