IBL

Kevin Durant empat kali berganti tim. KD merasakan gelar NBA bersama Golden State Warriors. Tetapi ia justru menyebut masa-masa terbaiknya saat masih berseragam Oklahoma City Thunder.

Dalam penampilannya di Boardroom Aux Money, KD menjelaskan alasan Thunder menjadi era terbaik dalam kariernya. Pertama karena KD mengawali karier sebagai pilihan kedua NBA Draft 2007 oleh Seattle Supersonics, sebelum berganti ke Oklahoma pada 2008.

“Pada masa itu semua baru dimulai. Itu menjadi dasar bagi kami, pemain yang masih muda, bermain melawan para dinasti. Kami melawan Lakers bersama Kobe (Bryant), ketika mereka back to back menang melawan Dallas saat memenangkan kejuaraan. Miami ada LeBron dan D Wade dan semuanya,” kata pemain berusia 35 tahun itu.

KD menjadi pemain Supersonics/Thunder selama sembilan tahun. Tiga tahun setelah draft itu, KD terpilih dalam NBA All-Star pertamanya. Saat menjadi pemain Thunder, KD berbagai peran dengan Russell Westbrook, James Harden, dan Serge Ibaka.

Generasi pemain tersebut mengawali karier bersama Thunder. Setelah berpencar, mereka meraih kesuksesan masing-masing. Selain KD yang menjadi MVP 2014, Westbrook menyusul sebagai MVP 2017 dan James Harden sebagai MVP 2018.

Sayangnya, era mereka tidak bisa membawa Thunder juara. Capain terbaik Thunder Final NBA 2012 dan kalah 1-4 dari Heat. KD kemudian pindah dan mencapai impiannya dengan Warriors. Harden mencapai puncaknya bersama Rockets.

“Itu adalah awal dari semuanya. Saya pikir kami datang terlalu cepat. Saya, James, Russ, Serge saat itu masih berusia 22-23 tahun. Kami langsung dilempar dalam api persaingan panas seperti itu. Mungkin itulah era yang terbaik,” ujar KD.

Saat masih bersama Thunder pula, KD mencapai rataan tertingginya. Pada musim 2012-2014, KD mencatat 32 poin per gim. Itu menjadi terakhir kalinya ia menjadi top skor liga. Selain Final NBA 2012, KD pernah membawa Thunder hingga Final Wilayah Barat pada 2011, 2014, dan 2016.

KD kemudian berseragam Warriors pada 2016-2019. Selama di Bay Area, KD mengumpulkan cincin juara 2017 dan 2017 dan dua MVP Final. Setelah itu, KD berlabuh ke Brooklyn Nets pada 2019-2023. Kini KD menjadi pemain Phoenix Suns, yang musim ini berada di papan tengah dengan 47-33. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar