IBL

Pamor Australia sebagai negara basket dalam kurun 10 tahun terakhir semakin meningkat. Program pembentukan pemain mereka ditambah liga yang terus meningkatkan kualitasnya membuat tak salah rasanya Australia kini ada di lima besar negara basket dunia, bahkan sempat bertengger lama di peringkat tiga dunia. 

Berkaca ke NBA, kita melihat bagaimana secara konsisten Australia mengirimkan bakat-bakat muda mereka. Dante Exum, Ben Simmons, Jock Landale, Josh Giddey jadi generasi yang paling muda hadir di sini. Sedangkan generasi lama seperti Joe Ingles dan Patty Mills pun masih eksis menjadi perbantuan untuk tim-tim yang bersaing di Playoff. 

NBL sebagai liga pun kini terus dilirik sebagai salah satu tempat terbaik guna mempersiapkan diri mencari jalan ke NBA. LaMelo Ball jadi pemain dengan proyeksi draft tertinggi pertama yang menempuh jalan ini. Tahun ini, Alexandre Sarr asal Prancis juga melakukan hal serupa dengan memutuskan bergabung ke Perth Wildcats. 

Menariknya, Australia kini juga terus konsisten mengekspor pemain. Setelah beberapa nama bermain di area Asia, kini satu nama mempersiapkan diri untuk berkelana ke Eropa. Ia adalah William McDowell-White yang di musim 2023-2024 bermain untuk New Zealand Breakers. Kisah ini diberitakan oleh ESPN Australia. 

Selain itu, Basketnews menyebutkan, pemain yang akrab disapa Will ini sudah menarik perhatian banyak tim Eropa. Namun, salah satu yang sudah melakukan penjajakan cukup jauh adalah tim asal Jerman, Alba Berlin. Alba disebut tertarik dengan kombinasi kecerdasan, postur, dan ketangkasan pemain berusia 26 tahun ini. 

Jika nantinya benar merapat ke Alba Berlin, maka ini akan jadi perjalanan kedua Will ke Jerman. Sebelumnya, di kurun 2017 sampai 2019, Will muda mengadu nasib dengan tim Jerman lainnya bernama Brose Bamberg. Brose Bamberg berlaga di Divisi 2 Jerman atau bernama Liga ProA. Kala itu pula, Will mendapatkan penghargaan pemain muda terbaik. 

Pemain yang juga sempat mencicipi NBA G League pada 2019 sampai 2021 ini menjalani musim yang baik dengan New Zealand Breakers. Bermain 24 gim, Will mencetak 9,2 poin, 3,2 rebound, dan 4,3 asis per gim. Will juga menjadi bagian dari gelar juara tim nasional Australia pada gelaran FIBA Asia Cup 2021 yang digelar di Istora Senayan pada Juli 2022 lalu. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar