IBL

Menjadi lebih baik sebagai individu, berperan penting untuk keberhasilan tim. namun sayangnya sosok Donte DiVincenzo tidak bisa masuk dalam kandidat peraih pernghargaan individu. Ya, situasi yang untuk dialami Donte setelah namanya tidak bisa masuk untuk kandidat Most Improved Player (MIP_ 2024. 

Dilansir Basketnews, Donte tak memenuhi aturan NBA untuk mendapatkan penghargaan MIP berdasarkan kesepakatan terbaru liga (Collective Bargaining Agreement). Menurut kesepakatan baru, pemain baru dihitung memainkan gim NBA dan berhak masuk kandidat NBA Awards jika bermain setidaknya 20 menit dalam satu gim. Ada sedikit toleransi yang diberikan aturan ini. Pemain boleh bermain di antara 15 sampai 20 menit hanya dalam 2 gim semusim. Lebih dari dua gim, maka sisa lainnya tidak dihitung. Aturan ini mulai diberlakukan musim ini, serupa dengan aturan 65 gim untuk semua kandidat NBA Awards. 

Dalam kasus Donte, ia tampil total 81 kali sepanjang musim. Ia hanya absen sekali karena masalah di hamstringnya. Namun, dari 81 gim tersebut, 17 tidak bisa dihitung oleh NBA karena ia bermain tak sampai 20 menit. Jumlah ini sudah termasuk dikurangi dua gim toleransi dari NBA. Jadi, Donte terhitung hanya tampil 64 gim, satu gim lebih sedikit dari syarat minimal gim untuk masuk kandidat NBA Awards. 

Donte memang tampaknya tidak ambil pusing dengan hal ini. Apalagi, New York Knicks melaju ke Playoff sebagai peringkat dua klasemen akhir WIlayah Timur, ini yang terpenting. Ia juga tampaknya senang-senang saja karena bisa bermain dengan dua rekan kampusnya, Jalen Brunson dan Josh Hart. 

Melakoni musim pertamanya bersama Knicks, Donte menjalani musim terbaiknya sejak masuk ke NBA pada 2018-2019. Ia membukukan 15,5 poin, 2,9 rebound, 3,7 asis, dan 1,3 steal per gim. Catatan poin ini jadi yang tertinggi sepanjang kariernya. Donte juga membukukan akurasi tripoin tertinggi dalam kariernya dengan 40 persen dari 8,7 percobaan per gim yang juga jadi terbanyak. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar