IBL

Sejak diadakan pada 2020, untuk pertama kalinya Philadelphia 76ers akan merasakan Play-In Tournament. Sixers menyelesaikan musim reguler 2023-2024 di posisi ketujuh dengan rekor 47-35. Rekor itu menjadi yang terendah mereka dalam empat musim terakhir.

Sixers memang memenangkan gim terakhir melawan Brooklyn Nets 107-86 di Wells Fargo Center, Pennsylvania. Ini merupakan kemenangan kedelapan beruntun Sixers. Joel Embiid absen dalam gim tersebut karena cedera lutut.

Pelatih Sixers Nick Nurse mengatakan itu merupakan keputusan terbaik. Mereka ingin Embiid istirahat karena perjalanan mereka akan lebih berat. Juga mengingat Embiid hanya bermain 39 gim musim ini dan riwayat cedera lutut yang mengkhawatirkan.

“Joel melakukan segalanya saat latihan kemarin. Tetapi kami memutuskan untuk menahannya karena kami ingin hati-hati mengingat riwayat cederanya. Joel akan siap untuk mengikuti play-in,” kata Nurse dilansir melalui laman Yahoo Sports.

Sixers memiliki rekor yang sama dengan Orlando Magic dan Indiana Pacers. Tetapi Sixers kalah rekor divisi. Magic menjadi unggulan kelima dan bertemu Cleveland Cavaliers. Disusul Pacers yang akan menghadapi Milwaukee Bucks.

Tetapi syarat lain untuk Sixers naik ke posisi keenam tidak terpenuhi. Baik Magic dan Pacers juga sama-sama menang dari lawan masing-masing. Pada momen yang sama, Magic secara mengejutkan menumbangkan Bucks 113-88.

Tanpa Embiid atau tidak, menang ataupun kalah, Sixers memang tidak bisa menentukan nasib mereka sendiri. Untuk itu mereka mencari jalan aman dan mempersiapkan diri bertarung di play-in. Tentunya dengan catatan Embiid lebih bugar dan potensi memang Sixers menjadi lebih besar.

Selain itu, Untungnya Sixers memiliki dua nyawa. Jika Sixers menang dari Heat, Sixers menjadi unggulan ketujuh dan akan bertemu dengan New York Knicks di babak pertama playoff. Jika kalah dari Heat, Sixers memiliki peluang terakhir dengan bertemu Chicago Bulls atau Atlanta Hawks.

Sixers akan mengadu nasib melawan Miami Heat. Cukup menantang. Heat memiliki catatan bagus dalam Play-In Tournament. Heat merupakan finalis NBA 2023. Musim lalu Heat lolos sebagai unggulan kedelapan. Setelah itu mereka menggulingkan Bucks, Knicks, dan Celtics.

Rekor Heat vs Sixers musim ini pun imbang 2-2. Heat memenangkan dua pertemuan awal dengan hasil 119-113 dan 109-104. Sixers membalas di pertemuan berikutnya dengan 98-91 dan 109-105. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar