IBL

Musim reguler NBA 2023-2024 tersisa satu bulan. Kurang lebih masing-masing tim memiliki 16 gim lagi. Persaingan ke playoff tahun ini diperkirakan akan memanas. Pasalnya play-in tournament melibatkan tim-tim yang bertabur bintang dan para MVP.

Joel Embiid yang musim ini menciptakan 70 poin dalam satu gim tampaknya akan terjun ke play-in bersama Philadelphia 76ers. Sejak Embiid cedera lutut dan tidak memenuhi syarat sebagai MVP, Sixers anjlok. Sixers melaju 7-15 tanpa Embiid.

Kini mereka berada di posisi ketujuh dengan 36-29. Sixers masih memiliki peluang untuk menghindari play-in. Rekor mereka identik dengan Indiana Pacers yang berada di posisi keenam.

Jika Sixers akhirnya masuk play-in, saingan mereka berat. Ada peluang bertemu Miami Heat, Chicago Bulls, dan Atlanta Hawks. Musim lalu Heat memuat sensasi. Sebagai unggulan kedelapan, mereka lolos ke Final NBA 2023. Meski dongeng Heat setelah kalah 1-4 dari Denver Nuggets.

Persaingan Wilayah Barat lebih liar lagi. Tidak hanya empat tim teratas yang memperebutkan posisi unggulan pertama. Zona play-in juga bergejolak. Posisi New Orleans Pelicans (39-25) dan Phoenix Suns (38-27) masih bisa tergeser.

Nah, di bawah mereka merupakan tim-tim yang dihuni bintang NBA. Ada Sacramento Kings (37-27), Dallas Mavericks (37-28), Los Angeles Lakers (36-30), dan Golden State Warriors (34-30) yang siap mengambil alih.

Pada musim 2022-2023, Lakers mendepak Minnesota Timberwolves dari posisi unggulan ketujuh. Lakers berhasil melaju hingga Final Wilayah Barat meski disapu bersih Nuggets.

Jika musim reguler berakhir sekarang, Luka Doncic dan Kyrie Irving akan bersaing dengan Domantas Sabonis dan De’Aaron Fox. LeBron James pun berharapan dengan Stephen Curry.

Di sisi lain, hingga tersisa satu bulan ini, hanya Boston Celtics yang sudah mengunci tempat. Mereka menguasai Wilayah Timur. Celtics mengemas rekor 51-14. Posisi itu tidak bisa digeser lagi oleh Milwaukee Bucks (42-24) atau Cleveland Cavaliers (41-24). (rag)

Foto: Getty Images

Komentar