IBL

Los Angeles Lakers mematahkan tren buruk. Mereka meraih kemenangan pertama dari tiga gim terakhir. Lakers (46-35) mengamankan posisi kedelapan Wilayah Barat. Lakers lolos dari cengkraman Memphis Grizzlies 123-120 di Fedexforum, Tennessee.

Lakers sudah pasti bermain di play-in. Mereka hanya berebut posisi dengan Sacramento Kings (45-36) dan Golden State Warriors (45-36). Lakers menyisakan satu gim lagi melawan New Orlean Pelicans besok lusa. Pelicans (49-32) juga harus mengamankan tempat di posisi keenam dari ancaman Phoenix Suns (48-33)

“Setiap pertandingan penting. Setiap posisi juga penting. Anda tidak bisa kembali ke masa lalu. Saya tidak bisa berkata bahwa saya lebih suka berada di posisi kami saat ini daripada menjadi unggulan pertama karena itu bohong. Posisi unggulan itu penting dan dimanapun Anda berada, Anda harus siap menerima tantangannya,” kata LeBron James.

Grizzlies hanya bermain dengan delapan orang karena 1 pemain mereka mengalami sakit dan cedera. Harusnya melawan pemain minimalis seperti itu bisa membuat Lakers lebih dominan. Pada Lakers memang menang. Tapi mereka nyaris terjungkal.

Grizzlies berhasil membuat LeBron dan Anthony Davis bermain selama lebih dari 40 menit dan mengombinasikan 73 poin. Dalam satu menit terakhir, Grizzlies memangkas margin hingga satu poin (119-118). Adanya LeBron membuat Lakers melaju 4-2 di sisa waktu tersebut.

Pelatih Lakers Darvin Ham mengaku tidak khawatir dengan memberikan porsi yang besar terhadap dua pemain veterannya tersebut. Sebab, ini saat-saat dimana mereka mempertaruhkan kemenangan.

“Saya lebih mengkhawatirkan tentang mengamankan kemenangan yang ingin kami raih. Semua orang tahu waktunya dan ini yang ditunggu sepanjang tahun. Apapun yang kami perlukan, seberapa lama kami membutuhkan para pemain tersebut, kami harus mengandalkannya dan mereka akan memahami itu,” ujar Darvin.

LeBron mencetak 37 poin, 9 rebound, 5 asis, dan 2 steal. Pemain berusia 39 tahun itu membuat 13/20 tembakan. Anthony Davis meraih dobel-dobel 36 poin, 14 rebound, 5 asis, dan 2 blok. Setengah dari 22 tembakannya tepat sasaran. Kontribusi lain datang dari Rui Hachimura dengan 14 poin dan 5 rebound. Ditambah Austin Reaves dengan 13 poin. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar