IBL

Bila Anda pernah membeli atau melihat dengan seksama sepatu New Balance yang ada di pasaran, maka Anda akan menemukan nomor di bagian lidah. Nomor tersebut tak hanya satu digit, paling sedikit adalah tiga digit dan empat digit adalah angka terbanyak. Nomor tersebut diapit dengan alfabet di depan dan belakang.

Walau terlihat hanya untuk tujuan peningkatan estetika dan cenderung sulit dihafal, tapi sejatinya kombinasi huruf dan nomor tersebut memiliki makna khusus. Lebih dari itu, kode nomor di tiap sepatu memiliki penjelasan yang memudahkan kita sebagai konsumen untuk memilih sepatu paling tepat dengan kebutuhan.

Percaya atau tidak, prinsip itu telah lama dijalankan New Balance. Mereka percaya bahwa tiap konsumen punya karakter kaki masing-masing dan New Balance berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan setiap kaki calon konsumen. Terdengar tak masuk akal, akan tetapi visi itulah yang membuat New Balance bertahan sebagai produk olahraga unggulan hingga sekarang.

Kode Huruf Paling Kiri Menandakan Gender

Kita ambil contoh menggunakan seri yang memuat tiga angka, New Balance MR993LBK. Kode ini dibuka dengan merek New Balance kemudian dilanjutkan dengan huruf “M”. Huruf “M” tersebut bermakna kode jenis kelamin.

Bila sebuah sepatu diberi kode “M”, berarti sepatu tersebut adalah sepatu untuk pria. Huruf M adalah singkatan dari Man yang berarti lelaki dalam bahasa inggris. Sementara itu, bila Anda ingin membeli produk sepatu wanita, cukup cari sepatu berkode “W”. Huruf tersebut mewakili Women dalam Bahasa Inggris yang berarti perempuan.

Tak berhenti di situ, kode jenis kelamin itu pun ada kelanjutannya. Hal itu bermanfaat untuk mengetahui peruntukan sepatu. Kode MR berarti Man Running yang berarti sepatu lari pria. Kode ML berarti Man Lifestyle yang berarti sepatu tersebut diciptakan untuk kebutuhan kasual. Anda juga akan menemukan seri New Balance dengan awalan “U” yang berarti unisex atau semua gender. Satu lagi, terdapat seri “CW” yang berarti comfort walking. Sepatu ini cocok bagi Anda penyuka jalan jauh.

Kode Angka Menandakan Nomor Seri dan Teknologi

Selanjutnya, kita akan bergerak ke angka sepatu. Kode angka tersebut memuat tiga hingga empat angka. Angka paling kiri adalah kode untuk level kekuatan dan teknologi yang ada di sepatu itu. Di tabel standar kualitas New Balance, angka terendah dimulai di angka 3 dan tertinggi ada di angka 20.

Sepatu favorit saya adalah New Balance 998. Itu artinya, sepatu favorit saya memiliki kualitas merata, tidak terlalu rendah atau tinggi.

Namun, bukan berarti sepatu dengan angka awalan 3 adalah yang terburuk. Tiap sepatu New Balance sejatinya memiliki kegunaan dan porsi masing-masing. Teknologi yang ada dalam sepatu sudah mengakomodasi kebutuhan maksimal yang dibutuhkan. Contohnya, New Balance 574 adalah sepatu tenis legendaris dengan teknologi sol ENCAP. Teknologi tersebut sudah memenuhi standar kebutuhan sepatu tenis lapangan tanah liat yang cenderung bertekstur kasar dan lembek. Berbeda dengan New Balance 998, sepatu ini ditujukan untuk pelari jarak jauh sehingga diperkuat dengan sol bertapak lebar serta dibuat lebih empuk mengakomodasi teknologi sol ABZORB.

Dua angka selanjutnya menggambarkan model dan nomor seri. Makin besar gabungan nomor, maka semakin baru model dan serinya. Contohnya, seri 574 pertama kali diperkenalkan pada 1988. Kemudian, seri 577 diperkenalkan pada 1996. Sama seperti seri lebih mutakhir M1300 yang dicetuskan pada 1985. Seri lebih sempurna lahir pada 1989 dengan nama M1500. Untuk berdigit empat ini, yang terbaru adalah seri M2040V2 yang dirilis pertama kali pada 2013 yang merupakan seri paling modern dari M1300.

Kode Warna dan Kolaborator

Kombinasi paling terakhir dari nama sepatu New Balance dibentuk dari huruf yang memisahkan satu warna dengan warna lain dalam satu seri. Kita ambil contoh sepatu New Balance MR993LBK. Kode “LBK” di belakang itu adalah singkatan dari Leather/Black. Dari sini maka kita bisa memahami bahwa sepatu ini terbuat dari leather (kulit) berwarna black (hitam).

Hal ini berbeda bila diaplikasikan ke sepatu New Balance yang menggandeng desainer atau atlet. Tahun 2015 lalu, New Balance merilis sepatu hasil kerja sama dengan Ronnie Fieg. Sepatu itu menggunakan basis M998 dengan nama “City Never Sleep”. Sesuai dengan nama kolaborator, nama lengkap untuk New Balance seri ini adalah New Balance M998RF “City Never Sleep

Kode yang Memudahkan Pembeli Menemukan Sepatu yang Dibutuhkan

Dengan memahami kode dalam seri sepatu New Balance tersebut, maka Anda akan dengan mudah mencari sepatu New Balance yang diinginkan. New Balance memiliki jenis-jenis sepatu lari yang mengakomodasi kebutuhan pelari di berbagai medan dan jarak.

Namun, perlu dipahami juga, semakin tinggi angka yang ada di nomor seri, maka semakin tinggi pula harga sepatu itu. Hal tersebut terkait dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Sumber Foto: New Balance Archieve, Kickz

Komentar