IBL

Ricky Rubio adalah salah satu nama yang paling ramai diperbincangkan sejak Juli 2023 hingga awal tahun 2024 lalu. Keputusannya untuk mundur dari tim nasional Spanyol di Piala Dunia FIBA 2023, pengumumannya yang sedang bermasalah dengan kesehatan mentalnya, hingga akhirnya kembali bermain profesional bersama Barcelona membuat banyak pecinta basket menaruh perhatian. 

Perhatian ini pun terlihat nyata dalam statistik-statistik untuk Barcelona. Bukan statistik pertandingan, melainkan statistik di luar gim yang menandakan betapa besarnya efek Rubio yang kembali membela tim masa kecilnya ini. Catatan statistik spesial ini dituliskan oleh Basketnews. 

Dikabarkan, sejak pemain yang identik dengan nomor punggung sembilan ini kembali, penjualan tiket Barcelona meningkat sebanyak 28 persen. Dalam periode yang sama, Rubio juga menjadi pemain dengan penjualan jersei tertinggi. Ia berhasil mengimbangi penjualan jersei Nicholas Laprovittola dengan total 27,6 persen penjualan dari keseluruhan tim. Angka ini unggul jauh dari garda veteran Barcelona lainnya, Tomas Satoransky (9,8 persen) dan bintang yang baru kembali ke Barcelona, Willy Hernangomez (6,4 persen). 

Ricky Rubio dan Efeknya untuk Barcelona

Laga kembalinya Rubio ke EuroLeague pada 1 Maret lalu juga menghadirkan cerita sendiri. Menghadapi AS Monaco, ini adalah laga dengan pendapatan terbanyak Barcelona di luar gim El Clasicco melawan Real Madrid. Secara jumlah tiket, gim ini menjual 7.045 tiket dari total 7.585 kapasitas yang ada. Ini jadi gim ketiga terbanyak penontonnya untuk kandang Barcelona, Palau Blaugrana. Gim ini hanya kalah saat Barcelona menghadapi Panathinaikos dan Real Madrid. 

Tak berhenti di situ, dampak kembalinya Rubio juga dirasakan di media sosial. Sejak pengumuman kembalinya, pengikut Barcelona di Instagram bertambah 60.000. Secara interaksi bulanan, tim ini juga mengalami peningkatan di sekitar 500.000. Laporan klub menyebutkan bahwa semua unggahan yang melibatkan Rubio selalu menghadirkan peningkatan statistik. 

Sebagai gambaran besarnya, saat Barcelona mengunggah latihan perdana Rubio, ada total 370.000 impresi di media sosial X (dulunya disebut Twitter) dan Instagram. Foto perdana Rubio dengan tim juga menyentuh 560.000 interaksi. Terakhir, pengumuman Rubio kembali ke Barcelona memiliki angka reach di 1,3 juta. 

Sebagai salah satu pemain paling dikenal dalam sejarah basket Spanyol dan dunia, Rubio memang selayaknya mendapatkan sorotan sebesar ini. Pun demikian, Rubio juga menunjukkan bahwa tidak mudah menjalani hidup terus dalam sorotan dan tuntutan setinggi dia. Berkarier sebagai pemain basket profesional sejak usia 14 tahun, kini Rubio hanya berharap untuk bahagia di sisa hidupnya. Semangat Rubio! (DRMK)

Foto: Barcelona 

Komentar