IBL

Sebulan lalu Ricky Rubio memutuskan pensiun dari NBA. Ia telah menepi dari basket sejak Agustus 2023. Rubio sedang mengalami masalah kesehatan mental. Kemudian Rubio terlihat kembali bersama mantan klubnya, FC Barcelona. Hari ini Rubio mengabarkan bahwa ia kembali bermain bersama juara ACB League itu.

Dalam keterangan resminya, Barcelona mengungkapkan bahwa Rubio menjalani latihan selama seminggu sebelum memutuskan menandatangani kontrak baru. Rubio menekan kontrak hingga akhir musim yang berlangsung hingga Juni 2024.

Baca juga: Ricky Rubio Pensiun dari NBA Setelah 12 Musim

“Kesepakatan ini bergantung pada kemajuan pemain saat ia berada dalam tahap akhir pemulihannya. Kembalinya Ricky Rubio ke kompetisi akan terjadi ketika pemain sendiri yang memutuskan waktu yang tepat,” tulis Barcelona.

Barcelona juga berhasil mendaftarkan Rubio ke ACB League dan EuroLeague. Pemain berusia 33 tahun itu telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan memenuhi tenggat waktu jendela transfer pada 7 Februari.

Rubio bergabung latihan dengan Barcelona pada 30 Januari. Itu adalah pertama kalinya Rubio terlihat bermain basket lagi setelah memutuskan cuti dari dunia profesional. Sesi latihan itu menjadi fase akhir dari pemulihannya menghadapi masalah kesehatan mental.

Kesehatan mental juga membuat Rubio absen membela Spanyol di Piala Dunia FIBA 2023. Spanyol yang menjadi juara bertahan itu pada akhirnya tidak lolos fase grup. Saat itu Rubio juga masih terikat kontrak dengan Cleveland Cavaliers.

Barcelona menjadi tempat ideal bagi Rubio untuk kembali. Ia bergabung dengan Barcelona sejak berusia 19 tahun. Selama dua tahun itu, Rubio ikut andil mengantar Barcelona meraih juara ACB League 2011 dan EuroLeague 2012.

Rubio menjalani debutnya di NBA pada 2011 bersama Minnesota Timberwolves dan menjadi pemain Spanyol ke-10 di NBA. Rubio tercatat pernah membela Utah Jazz, Phoenix Suns, dan terakhir di Cavaliers dalam kurun waktu 12 musim. (rag)

Foto: Todd Kirkland/Getty Images, Barcelona

Komentar