IBL

Dallas Mavericks membuat 20.000 lebih pendukungnya yang memadati American Airlines Center bergemuruh, Minggu (7/4) waktu setempat. Tertinggal sepanjang laga hingga sempat berjarak 22 poin, Mavericks memaksa gim lanjut ke babak tambahan waktu sebelum menang 147-136 atas Houston Rockets. Ini adalah tambahan waktu perdana Mavericks musim ini. Sebelum gim ini, Mavericks adalah satu-satunya tim yang belum pernah melakoni tambahan waktu sepanjang musim. 

Tripoin buzzer beater Dante Exum adalah tembakan yang membuat kedua tim imbang di angka 129. Sebelumnya, pemain tahun kedua, Jabari Smith Jr. meleset dua kali beruntun dari tembakan gratis. Tambahan waktu lima menit menjadi milik Mavericks sepenuhnya dengan laju (18-7). Dua tripoin beruntun P.J. Washington memastikan kemenangan ketiga beruntun Mavericks sekaligus memupus harapan Rockets untuk masuk ke Play-In Tournament. 

Selain dua pemain di atas yang menjadi penentu kemenangan Mavericks, duet Kyrie Irving dan Luka Doncic tetap brilian. Kyrie mencetak 48 poin dan 7 rebound dari 15/25 tembakan dan 15/17 tembakan gratis. Kyrie mencetak 25 poin di 17 menit terakhir gim. Ini adalah poin tertinggi Kyrie sejak Januari 2023, saat ia masih membela Brooklyn Nets. 

Luka menyusul tepat di belakangnya dengan nyaris tripel-dobel 37 poin, 9 rebound, plus 12 asis. Luka menembak 57 persen (12/21), termasuk 4/10 dari tripoin. Exum menutup laga dengan 14 poin dan 9 rebound dari bangku cadangan. Washington dobel-dobel 14 poin plus 13 rebound. Sebelum dua tripoin di tambahan waktu, Washington meleset lima kali beruntun dari belakang garis busur. Derrick Jones Jr. melengkapi dengan 10 poin selama 25 menit bermain. 

Upaya Rockets menjaga asa mereka bersaing ke Play-In Tournament diprakarsai oleh Dillon Brooks dengan 29 poin dan 3 steal. Ini adalah poin tertinggi dalam satu gim musim ini untuk Brooks. Fres VanVleet membantu dengan dobel-dobel 24 poin dan 12 asis. Jalen Green 21 poin, 6 rebound, 8 asis. Jock Landale memimpin barisan cadangan dengan 13 poin selama 15 menit bermain. 

Terlepas dari kegagalan dua tembakan gratisnya, Smtih mencetak 12 poin plus 9 rebound. Dua tembakan gratis di akhir waktu reguler itu adalah dua tembakan gratis yang dimiliki Smith sepanjang gim. Cam Whitmore dan Reggie Bullock masing-masing mencetak 11 poin untuk menutup daftar. 

Kemenangan ini terus membuka jarak untuk Mavericks mengamankan tiket langsung ke Playoff. Mavericks kini memiliki rekor (48-30) untuk peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat. Phoenix Suns di bawah mereka dengan (47-31) sedangkan Los Angeles Clippers di peringkat empat dengan (50-28). 

Mavericks akan coba memperpanjang catatan apik mereka kala menyambangi kandang Charlotte Hornets, lusa. Dengan peluang ke Play-In yang tertutup, Rockets akan coba memutus tren lima kekalahan beruntun mereka dengan menjamu Orlando Magic, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar