IBL

Generasi emas Spanyol yang muncul di awal dan pertengahan dekade 2000-an mulai memasuki akhir masa bakti mereka. Setelah Gasol bersaudara pensiun, kini salah satu nama ternama dari generasi tersebut, Rudy Fernandez, juga siap menyusul kompatrioitnya. 

DIlansir Basketnews, Rudy sudah memastikan bahwa musim 2023-2024 ini akan jadi musim terakhirnya menyandang status pemain basket profesional. Rencananya, Rudy akan menutup musim bersama Real Madrid lalu bermain untuk Spanyol di musim panas dan menutup kariernya. Ia memastikan diri untuk ikut dalam skuad FIBA Olympic Qualifying Tournament (OQT) yang akan digelar di Valencia. Jika lolos, mungkin partai terakhir Rudy adalah Olimpiade 2024 Paris. 

"Ini adalah akhir dari perjalanan karier saya. Waktunya sudah datang untuk saya mulai memikirkan hal lain ketimbang basket," buka pemain berusia 39 tahun ini. "Saya ingin menikmati bulan-bulan terakhir saya sebagai pemain basket. Pensiun adalah kata yang sakral dan cukup sulit untuk seorang pemain. Namun, saya ingin memastikan fokus saya untuk tampil di Olimpiade terakhir," pungkasnya. 

Memulai karier profesionalnya di 2002, Rudy terpilih di NBA Draft 2007 oleh Phoenix Suns. Pun begitu, Rudy tak pernah membela Suns. Ia langsung ditukar ke Portland Trail Blazers untuk legenda Miami Heat, James Jones. Rudy bertahan tiga musim bersama Blazers. 

Saat NBA mengalami lockout tentang perjanjian terbaru antara pemain dan liga, Rudy memutuskan merapat ke Real Madrid. Setelah lockout berakhir, Rudy ditukar oleh Blazers ke Dallas Mavericks. Ia kemudian ditukar lagi ke Denber Nuggets dan bermain sampai akhir musim. 

Selepas musim 2011-2012 itu, Rudy memutuskan untuk meninggalkan NBA selamanya. Ia kembali ke Real Madrid hingga sekarang. Total Rudy sudah bermain 344 gim di EuroLeague dengan 325 di antaranya untuk Real Madrid sedangkan 19 di antaranya untuk Joventut, klub profesional pertamanya pada 2002-2008. 

Rudy sudah hampir meraih segalanya di basket Eropa dan dunia bersama Spanyol. Rudy dua kali juara Piala Dunia FIBA, empat kali juara EuroBasket, dan dua kali meraih medali perak Olimpiade. Untuk Real Madrid, sudah tiga gelar juara EuroLeague ia bantu dapatkan. Enam juara Liga ACB (Liga utama Spanyol), dan enam kali Copa Del Rey. Selamat pensiun Rudy! (DRMK)

Foto: EuroLeague

Komentar