IBL

Cedera adalah salah satu momok paling mengerikan untuk atlet. Tak sekedar perkara harus menepi, naik meja operasi, hingga terapi yang tak henti-henti, cedera juga kerap membuat pemain memiliki mentalitas yang berbeda saat kembali. 

Hal ini yang seringnya diremehkan banyak pihak. Cedera pasti mengubah pendekatan pemain terhadap permainan mereka. Tak jarang, pemain berubah total setelah terkena cedera. Contoh nyata di NBA adalah MVP termuda dalam sejarah, Derrick Rose. 

Hal ini diamini oleh Joel Embiid. Kembali bermain setelah cedera dua bulan dalam laga melawan Oklahoma City Thunder, Selasa (2/4), waktu setempat, Embiid mengakui tidak mudah kembali ke performa awalnya sebelum cedera. Menariknya, Embiid tetap solid dengan catatan 24 poin, 6 rebound, 7 asis. 

"Cedera meniskus ini benar-benar mengenai mental saya. Saya "membayar mahal" cedera ini. Ini cedera yang buruk," buka Embiid kepada awak media setelah gim. "Secara mental, saya masih tidak berada di situasi yang seharusnya. Saya hanya senang bermain basket dan saya ingin kembali bermain. Jika ada kesempatan saya bermain, saya akan bermain," imbuhnya. 

"Untuk beberapa alasan, cedera kali ini berbeda dari yang pernah saya alami. Ini mengecewakan. Ini depresif sekali untuk saya. Saya butuh waktu lama untuk bisa keluar dari situasi ini dan sampai sekarang saya belum sepenuhnya bisa kembali ke situasi semula," pungkasnya. 

Situasi Embiid ini akan sangat berpengaruh kepada kelanjutan musim Philadelphia 76ers. Sejak Embiid absen, Sixers terus merosot di klasemen sementara Wilayah Timur. Mereka sekarang ada di peringkat delapan, berjarak dua kemenangan dengan peringkat enam, Indiana Pacers. Padahal, saat Embiid menepi, Sixers masih ada di peringkat empat besar.

Embiid total absen di 41 gim musim ini. Dalam jumlah gim tersebut, tim asuhan Nick Nurse ini hanya menang 14 kali dan kalah 27 kali. Tak berhenti di situ, Sixers juga kerap kalah dalam selisih yang cukup besar. Jumlah absen 41 gim ini juga membuat Embiid tak lagi masuk kriteria untuk penghargaan pemain terbaik (MVP). 

Jika Embiid belum bisa kembali ke performa terbaiknya, peluang musim Sixers berakhir lebih cepat pun menjadi lebih besar. Sanggupkah Embiid dan Sixers keluar dari situasi sulit ini? (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar