IBL

Bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid  telah didiagnosis dengan cedera meniskus di lutut kirinya. MVP NBA yang berkuasa telah memainkan 34 pertandingan musim ini. Dia akan absen dalam waktu yang belum ditentukan untuk mengatasi masalah ini. Sementara, bila penyembuhan cederanya memakan waktu lama, maka peluang Embiid menjadi MVP NBA musim ini ikut hilang. 

"Pemeriksaan MRI setelah pertandingan hari Rabu dan evaluasi lebih lanjut selama 24 jam terakhir menunjukkan adanya cedera pada meniskus lateral di lutut kiri Embiid. Embiid, setelah berkonsultasi dengan staf medis 76ers dan beberapa spesialis terkemuka, akan absen sepanjang akhir pekan sementara rencana perawatan telah diselesaikan. Pembaruan akan diberikan sebagaimana mestinya," kata Jake Fischer dari Yahoo Sports

Embiid akan menjalani prosedur untuk memperbaiki cedera meniskus lateral di lutut kirinya, kata tim Sixers pada hari Minggu (5/2) waktu Amerika Serikat. Sixers mengatakan pembaruan akan diberikan mengikuti prosedur dan tidak jelas berapa lama Embid bisa turun ke lapangan lagi. 

Embiid mendapat pemeriksaan MRI setelah dia mengalami cedera pada kuarter keempat melawan Golden State Warriors pekan lalu yang menjadi penyebab cederanya. Embiid terjatuh dengan kaki kiri dan dia meninggalkan permainan dengan waktu tersisa sekitar empat menit setelah mencetak 14 poin dan tertatih-tatih ke ruang ganti. 

Foto: The Philadelphia Inquirer

Embiid kemungkinan akan melewatkan NBA All-Star Game pada 18 Februari 2024, setelah ia terpilih sebagai starter untuk ketujuh kalinya. Peluang Embiid untuk memenangkan penghargaan MVP kedua berturut-turut kini telah berakhir. Sebelum musim 2023-2024, NBA dan NBPA (Asosiasi Pemain NBA) menyetujui aturan baru bahwa seorang pemain harus memainkan setidaknya 65 pertandingan musim reguler agar memenuhi syarat untuk mendapatkan MVP dan beberapa penghargaan lainnya. Embiid akan melewatkan pertandingannya yang ke-15 pada Senin malam saat Sixers menghadapi Dallas Mavericks. 

Peraturan baru NBA, yang dirancang untuk mencegah manajemen beban, mengharuskan pemain untuk bermain setidaknya 20 menit dalam setidaknya 65 pertandingan agar memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan. Embiid dianggap sebagai kandidat teratas untuk MVP musim ini bersama bintang Denver Nuggets Nikola Jokic, tetapi dia sekarang tampaknya sudah tidak punya peluang lagi.

Namun saat Embiid berada di lapangan dan dalam kondisi sehat, ia lebih dominan dibandingkan musim MVP tahun lalu. Dia rata-rata mencetak poin tertinggi dalam kariernya yaitu 35,5 poin per gim, yang memimpin liga, dan memberikan 5,7 asis. Embiid mencetak rekor klub, 70 poin dan 18 rebound, dalam kemenangan 133-124 atas San Antonio Spurs pada 22 Januari 2024. 

Sayangnya, Embiid sudah tidak asing lagi bermain meski kesakitan atau berbagai cedera sepanjang kariernya. Dia mengalami patah tulang orbital di wajahnya dan melukai tulang navicular di kakinya, serta penyakit lainnya. Tapi cedera meniskus adalah sesuatu yang telah dialami pemain besar itu sebanyak tiga kali dalam karirnya.

Selama musim 2016-2017, Embiid menjalani operasi akhir musim untuk memperbaiki robekan meniskus  di lutut kirinya. Bertahun-tahun kemudian di babak playoff 2021, Embiid mengalami robekan meniskus lateral kecil di lutut kanannya. Dan, di babak playoff tahun lalu, Embiid mengalami cedera lutut kanan yang dialaminya di babak pertama playoff melawan Nets. 

Sejak direkrut pada tahun 2014, Embiid tidak pernah memainkan lebih dari 68 pertandingan dalam satu musim dan telah memainkan kurang dari 60 pertandingan dalam lima dari sembilan musim yang diselesaikan sejak dia masuk NBA. Shams Charania dari The Athletic menyampaikan berita tersebut, mengutip ofisial tim Sixers. Embiid rata-rata mencetak 35,3 poin per gim dengan 11,3 rebound dan 5,7 asis dalam 34,0 menit per penampilan sejauh musim ini. 

Prognosis umumnya adalah atlet memerlukan waktu 4-6 minggu untuk pulih dari robekan meniskus ringan, namun cedera serius memerlukan waktu 3-6 bulan. (*)

Foto: CBS Sports

Komentar