IBL

Joel Embiid kembali setelah absen lebih dari dua bulan. Embiid langsung berdampak pada kemenangan Philadelphia 76ers 109-105 atas Oklahoma City Thunder di Well Fargo Center, Pennsylvania. Embiid berbicara soal perjuangannya pulih usai operasi lutut.

MVP 2023 itu mengakui bahwa pulih dari cedera sama sulitnya dengan apapun yang pernah ia lalui sepanjang bermain di NBA. Cedera itu juga membuatnya kehilangan peluang menjadi MVP lagi.

“Biasanya kalau saya cedera, saya hanya berkata kepada diri sendiri, lanjutkan ke yang berikutnya, jadi lebih baik, lalu memperbaikinya. Tetapi cedera ini berdampak buruk secara mental. Saya menjadi depresi. Itu tidak baik,” kata Embiid dilansir melalui ESPN.

Embiid bermain 34 gim musim ini. Jika tampil di sisa pertandingan musim reguler, Embiid hanya berlaga dalam 40 gim di musim 2023-2024. Oleh sebab itu, Embiid kehilangan peluangnya menjadi MVP karena tidak memenuhi syarat 65 gim.

Padahal catatannya musim ini fantastis. Embiid memiliki rata-rata 35,3 poin, 11,3 rebound, dan 5,7 asis per gim. Itu menjadi angka tertinggi sepanjang kariernya. Lebih tinggi dari musim lalu dengan 33,1 poin per gim.

Penampilan Embiid memang terhalang oleh cedera. Bahkan dalam dua musim pertamanya, Embiid absen karena tubuhnya tidak bisa bermain 100 persen. Pemain berdarah Kamerun itu mengakui bahwa cedera membuatnya tertekan.

“Untuk beberapa alasan, cedera ini mengecewakan. Menyedihkan. Butuh beberapa waktu bagi saya untuk melupakannya dan nyatanya saya belum bisa. Jadi, saya harus menjalaninya hari demi hari. Melihat sisi positifnya saja,” ujarnya.

Selain itu, Embiid menjadi kunci dari penampilan Sixers. Saat Embiid cedera, Sixers terjatuh dengan 14-27. Kini Sixers (41-35) berpotensi bertemu Miami Heat (42-33) di turnamen play-in.

Dalam penampilan pertamanya usai cedera, Embiid menyumbang 24 poin, 6 rebound, 7 asis, dan 3 steal untuk Sixers. Ia bermain hanya 29 menit dengan 6/14 tembakan dan sempurna dalam 12 tembakan gratis.

“Saya kembali. Setiap hari saya berharap bisa menjadi lebih baik dan menemukan diri saya sendiri,” tutup pemain berjuluk The Process itu. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar