IBL

Victor Wembanyama tidak bisa menahan kegembiraannya saat membawa San Antonio Spurs mengalahkan New York Knicks 130-126 pada Jumat (27/3) melalui overtime. Pemain yang akrab disapa Wemby itu melakukan selebrasi dengan melempar bola ke penonton. Alhasil, sang ruki fenomenal itu mendapat denda pertamanya di NBA.

“Forwarda-Center San Antonio Spurs Victor Wembanyama telah didenda AS$25 ribu karena melemparkan bola ke tribun penonton,” tulis informasi singkat Joe Dumars, Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Operasi Bola Basket melalui laman resmi NBA.

Denda AS$25 ribu itu senilai dengan Rp397 juta. Bagi pemain papan atas NBA, nilai itu memang kecil. Setiap pelanggaran seperti mengomentari wasit, pemukulan, permintaan pertukaran secara publik dan sebagainya dikenakan denda antara AS$25 ribu sampai AS$100 ribu.

Pertandingan di Frostbank Center, San Antonio, Texas tersebut memang sensasional. Wemby bermain luar biasa. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu mencetak dobel-dobel 40 poin, 20 rebound, dan 7 asis.

Wemby melesakkan 13 tembakan (22 percobaan) termasuk 4 tripoin tepat sasaran (9 percobaan). Catatan tersebut menjadi yang tertinggi baginya. Wemby juga menjadi ruki pertama setelah Shaquille O’Neal (1993) yang mencetak +40 poin dan +20 rebound.

Selain itu, pemain asal Prancis tersebut menjadi pemain ketiga NBA yang membuat +40 poin, +20 rebound, dan +4 tripoin. Raihan serupa pernah dibukukan oleh DeMarcus Cousins dan Anthony Davis.

Pertandingan Knicks vs Spurs itu menjadi gim kedua dalam sejarah NBA dimana seorang pemain mencapai 40 poin dan 20 rebound dan pemain lainnya menceploskan 60 poin. Selain Wemby, pemain Knicks Jalen Brunson mengumpulkan 61 poin pada gim yang sama. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar